IKN Hujan Terus, 4 Pesawat Modifikasi Cuaca Diturunkan Demi Kejar Target Pembangunan

IKN Hujan Terus, 4 Pesawat Modifikasi Cuaca Diturunkan Demi Kejar Target Pembangunan

Empat pesawat diturunkan untuk memodifikasi cuaca di IKN yang terus menerus diguyur hujan.-(Ilustrasi/Nomorsatukaltim)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur menghadapi tantangan besar berupa hujan yang terus menerus mengguyur wilayah ini. 

Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah telah mengerahkan empat pesawat untuk melakukan modifikasi cuaca demi kelancaran pembangunan Bandara VVIP yang diberi nama Nusantara Airport.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengungkapkan bahwa empat pesawat telah dikerahkan untuk melakukan teknologi modifikasi cuaca guna mengkondisikan udara agar lebih mendukung pengerjaan proyek pembangunan. 

BACA JUGA: Speedboat Hantam Tongkang di Perairan Sepaku, Seorang Bocah Laki-Laki Hilang

"Sekarang ini kami sudah mengerahkan empat pesawat (teknologi modifikasi cuaca) untuk pengkondisian udara, tetapi masih hujan juga," kata Budi di sela-sela Kick Off Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) 2024 di Jakarta, Minggu (21/7/2024).

Tantangan terbesar yang dihadapi dalam pembangunan Bandara VVIP IKN adalah hujan yang terjadi secara terus-menerus. 

Pada bulan Juni lalu, dalam 30 hari hanya ada delapan hari yang cerah, sehingga waktu yang bisa digunakan untuk pembangunan sangat terbatas. 

"Tapi memang harus diakui bahwa hari-hari di sana (Kalimantan Timur) itu hujan terus, bulan lalu (Juni) itu satu bulan, ada delapan hari saja yang bisa beroperasi (pengerjaan pembangunan Bandara VVIP IKN)," jelas Budi, dikutip dari Antara.

BACA JUGA: Jatam Kaltim Angkat Bicara Rencana Pemanfaatan Lahan Eks Tambang

Meskipun menghadapi kendala cuaca, Kementerian Perhubungan tetap berupaya semaksimal mungkin untuk mempercepat pembangunan Bandara VVIP IKN. 

Progres pekerjaan fisik bandara hingga minggu ke-25 mencakup berbagai aspek, antara lain pekerjaan baja, instalasi pipa plumbing, atap, dinding, dan elektrikal di Terminal VVIP. Selain itu, pekerjaan kolom, instalasi pipa plumbing, dan rangka baja di Terminal VIP juga sedang berlangsung.

Untuk Gedung Air Traffic Control (ATC), pekerjaan struktur atas lantai 1-4 sedang berjalan, termasuk pekerjaan pilecap dan instalasi plumbing di Gedung Administrasi dan Operasional, serta pekerjaan minipile dan pipa plumbing di Gedung PK-PPK. 

BACA JUGA: Megawati yang ini Bikin Bangga, Sukses di Liga Korsel, MVP di Proliga 2024

Pekerjaan lainnya meliputi struktur atas gedung substation, struktur atas gedung peribadatan, struktur lab karantina, dan pekerjaan cut & fill, galian U-ditch, geotextile, agregat di Jalan Akses Utama (uditch), embung, dan Jalan Perimeter Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: