Operasi Patuh Mahakam 2024, Polres Mahulu juga Sasar Pelanggaran di Jalur Sungai

Operasi Patuh Mahakam 2024, Polres Mahulu juga Sasar Pelanggaran di Jalur Sungai

Wakapolres Mahulu, Kompol Mochamad Rezsa Adiatulloh memberikan keterangan pers usai apel persiapan Operasi Patuh Mahakam 2024.-(Disway Kaltim/ Iswanto)-

MAHULU, NOMORSATUKALTIM - Polres Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur mulai melaksanakan operasi patuh Mahakam 2024 sejak Senin (15/7/2024).

Wakapolres Mahulu, Kompol Mochamad Rezsa Adiatulloh menjelaskan bahwa Operasi Patuh Mahakam ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan berlalu lintas di jalan.

“Operasi ini tentu tidak hanya fokus pada penindakan pelanggaran, tapi yang lebih penting juga untuk mengedukasi masyarakat tentang ketertiban dan keamanan dalam berkendara,” jelasnya usai memimpin apel yang digelar di halaman Mako Polres Mahulu.

BACA JUGA: iPhone XR Cuma Rp300 Ribu, Kejari Paser Jual Puluhan Gawai Rampasan

Dalam pelaksanaan operasi ini, petugas kepolisian tidak hanya fokus beroperasi di darat saja, tapi juga di jalur sungai.

Menurut Wakapolres Mahulu, bentuk kegiatan yang dilakukan di Sungai yakni berupa sosialisasi kepada setiap pengendara, seperti pengendara speedboat, kapal, dan perahu ces.

Kata Wakapolres, meskipun selama ini masyarakat Mahulu sudah dianggap lincah dalam menggunakan moda transportasi sungai, namun upaya pencegahan terhadap potensi kecelakaan tetap ditingkatkan. 

BACA JUGA: Pembalap Kaltim Kuasai Podium 1 Kejurnas Motorprix Putaran Ketiga Region C Kalimantan

Salah satunya dengan sosialisasi atau diberikan pemahaman tentang standar keselamatan pelayaran.

“Memang masyarakat sudah terbiasa menggunakan perahu tersebut, akan tetapi perlu sosialisasi atau diberikan pemahaman bahwa keselamatan sangat penting. Apalagi perubahan iklim sekarang ini tidak bisa diprediksi secara pasti,” ujarnya.

Selama Operasi Patuh Mahakam ini, pihak kepolisian sangat berharap masyarakat terutama pengendara, baik motor, mobil maupun moda transportasi sungai agar taat terhadap peraturan keselamatan.

“Kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas sangat penting sekali. Baik itu pengguna roda empat maupun para pengusaha angkutan. Tidak hanya tertib saat ada operasi saja, tapi juga untuk seterusnya juga,” terangnya.

BACA JUGA: Mati Mesin Mendadak, Sebuah Mobil Terbakar di Balikpapan

Sementara itu, Kasatlantas Polres Mahulu, Iptu Budi Santoso mengatakan bahwa fokus utama dalam operasi ini yakni penggunaan helm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: