Pelaksanaan Coklit Long Kali Capai 98,5 Persen, Jadi yang Tercepat di Paser

Pelaksanaan Coklit Long Kali Capai 98,5 Persen, Jadi yang Tercepat di Paser

Coklit yang dilakukan di Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser. (PPK Long Kali)--

PASER, NOMORSATUKALTIM - Proses pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser telah mencapai 98,5 persen.

Dengan persentase itu, Kecamatan Long Kali menjadi daerah tercepat sementara dalam pelaksanaan coklit se-Kabupaten Paser

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Long Kali, Surya Adhie Dharma, mengatakan, pelaksanaan coklit dimulai 24 Juni hingga 24 Juli.

Katanya, hingga pekan ketiga telah mencapai target 97 persen dan menjadikannya yang tercepat.

"Ini adalah hasil kerja keras seluruh PPDP atau Pantarlih, anggota PPS, PPK dan dukungan masyarakat se-Kecamatan Long Kali," kata Surya, Jumat (12/7/2024).

Proses coklit yang dilakukan dengan melibatkan pendataan langsung ke rumah-rumah warga untuk memastikan keakuratan data pemilih.

"Kami berkomitmen untuk menyelesaikan coklit tepat waktu, dengan akurasi yang tinggi. Untuk itu, kami juga terus melakukan sosialisasi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak, agar seluruh masyarakat terdata dengan baik," ujarnya.

Meskipun pada pekan pertama coklit sempat menempati peringkat terbawah, tapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat badan adhoc se-Kecamatan Long Kali guna mengejar ketertinggalan.

"Karena berbagai kendala, kami sempat menempati urutan nomor satu dari bawah. Jadi dari 10 kecamatan di Kabupaten Paser, kami peringkat kesepuluh di minggu pertama coklit," ungkapnya.

BACA JUGA : Harga TBS Naik, Dinas Perkebunan Imbau Petani Gabung Kemitraan

Adapun kendala-kendala di lapangan yang dimaksud, jelas Surya, seperti jaringan internet yang kadang ada dan terkadang hilang, akses menuju rumah-rumah warga yang rusak atau berlumpur, sering hujan serta warga pemilih yang tidak dapat ditemui.

"Selain itu, ada beberapa desa di Kecamatan Long Kali yang mengharuskan PPDP atau pantarlih kami menaiki perahu guna sampai ke rumah warga. Dan untuk jaringan internet, kami mengarahkan PPS untuk mengutamakan manual coklit, dan ecoklit offline terlebih dahulu," terangnya.

Saat pelaporan ecoklit pada pekan kedua, progres Kecamatan Long Kali langsung melejit dan naik drastis ke angka 77 persen.

Sehingga menempati posisi peringkat pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: