Borneo FC Sambut Positif Aturan Baru, Siap Turunkan Starter Pemain U-22 selama 45 Menit

Borneo FC Sambut Positif Aturan Baru, Siap Turunkan Starter Pemain U-22 selama 45 Menit

Kiri ke Kanan: Ridjar Nurviat, Pieter Huistra dan Alfharezi Buffon.-ist-Ari Rachiem

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM- Borneo FC sambut gembira aturan baru PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang mensyaratkan untuk memainkan pemain muda yang berusia 22 tahun ke bawah (U-22). Seperti yang disampaikan Kepala Pelatih Borneo FC Pieter Huistra, Kamis 11 Juli 2024.

Seperti diketahui, dalam regulasi terbaru untuk kompetisi Liga Indonesia, terkhusus pada Liga 1 musim 2024-2025, PT LIB sebagai penyelenggara resmi mewajibkan kepada seluruh klub untuk memainkan pemain muda U-22 menjadi starter sekurang-kurangnya bermain selama 45 menit.

Peraturan itu tidak berubah dari musim lalu. Bedanya, kalau dulu diberlakukan untuk U-23 dan sekarang U-22,” ujar Ferry Paulus, pada 26 Juni 2024.

Sebelumnya, pada musim 2023-2024, ada aturan yang mewajibkan para pemain lokal U-23 untuk dimainkan menjadi starter line up, minimal selama 45 menit. Namun, regulasi ini sempat dihapuskan, karena pada saat itu Tim Nasional (Timnas) Indonesia tampil dalam ajang Piala Asia U-23, sehingga banyak tim yang harus merelakan para pemain U-23 nya dilepas demi membela Garuda.

Baca Juga:

Leo Gaucho Berjanji akan Menjadi Mesin Gol Baru Borneo FC

Justru dengan hadirnya regulasi terbaru dari Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sebagai induk sepakbola dan PT LIB sebagai penyelenggara Liga Indonesia ini, dapat menjadi ajang pemanasan para pemain muda untuk tampil di SEA Games 2025 di Thailand.

Terlebih lagi Borneo FC. Kepala Pelatih Pesut Etam, Pieter Huistra sama sekali tak memiliki masalah dengan aturan tersebut.

Pada musim sebelumnya pelatih asal Belanda ini sudah sering memainkan Ezzy dan Ridzjar. Pun musim ini klub berjuluk Pesut Etam ini ketambahan pemain terbaik Elite Pro Academy U-18, Tegar Islami.

Baca Juga:

Mari Mengenal Alfharezzi Buffon Sang Wonderkid Terbaru Milik Borneo FC
 
"Kita sangat beruntung dengan aturan ini, karena kita punya beberapa pemain yang masuk dalam kategori U-22, musim lalu kita ada Ezzy dan Ridzjar yang sudah mulai merasakan atmosfer Liga 1, mereka berdua sekarang di timnas Indonesia dan itu memperlihatkan jika mereka memiliki kualitas. Untuk musim ini kita ada tambahan Tegar dan Dwiki yang menambah opsi kita dalam pertandingan," imbuh Pieter. (*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: