BI Balikpapan Gandeng Lembaga Pendidikan Perkuat Literasi Keuangan

BI Balikpapan Gandeng Lembaga Pendidikan Perkuat Literasi Keuangan

BI Balikpapan Gelar Workshop Edukasi CBP Rupiah. -BI Balikpapan.-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Bank Indonesia Balikpapan selenggarakan Workshop Penyusunan Modul Pembelajaran Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, di Hotel Four Point Balikpapan.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai CBP Rupiah di kalangan pelajar. Bank Indonesia Balikpapan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan.

Acara tersebut dibuka oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Mahdi Abdillah, dan dihadiri oleh Koordinator Pengawas PAUD & TK, SD, serta SMP dari Disdikbud Kota Balikpapan, bersama narasumber, penerbit Media Guru, dan tim penulis yang terdiri dari guru-guru PAUD, TK, SD, dan SMP yang direkomendasikan oleh Disdikbud Kota Balikpapan. 

BACA JUGA:Bapak Bejat, Rudapaksa Anak Tiri Berkebutuhan Khusus, Alasannya Cari Obat Sakit Gigi

Dalam sambutannya, Mahdi Abdillah menekankan pentingnya mengintegrasikan edukasi CBP Rupiah ke dalam kurikulum sekolah dasar dan menengah di Balikpapan. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan siswa, dimulai dari fase awal pendidikan (kelas 1-2 SD) hingga fase lanjut (kelas 1-3 SMP). 

“Untuk PAUD dan TK, Tim Teknis dan Penulis juga setuju untuk memasukkan konsep dasar CBP Rupiah dalam materi pembelajaran, guna membangun fondasi pemahaman sejak dini,” ujar Mahdi Abdillah.

Modul pembelajaran yang disusun akan diselaraskan dengan mata pelajaran yang relevan seperti IPS, Bahasa Indonesia, PKn, dan P5, serta mencakup materi dasar tentang perbankan, sistem pembayaran, dan CBP Rupiah. 

Penyusunan modul ini, lanjut Mahdi, juga memperhatikan tingkat kognitif siswa, menggunakan gaya naratif dengan bahasa yang mudah dipahami, relevan, dan tidak membebani tenaga pengajar.

BACA JUGA:BPK Kaltimtara Gelar Pemutaran Film di SLBN Balikpapan, Sosialisasi Warisan Budaya untuk Siswa

Sementara itu Kepala Disdikbud Balikpapan, Irfan Taufik, menyampaikan apresiasinya kepada Bank Indonesia Balikpapan dan tim penulis, atas usaha mereka dalam menyusun materi pembelajaran yang bermanfaat ini. 

“Kami juga mendorong tim untuk terus semangat dan produktif, karena materi ini akan sangat berguna bagi masa depan pendidikan di Balikpapan,” tutur Irfan.

Terakhir, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Robi Ariadi menyatakan bahwa untuk kedepannya, Bank Indonesia akan berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan berbagai mitra dan pemangku kebijakan di Balikpapan.

Hal tersebut untuk memastikan penyebaran dan pemahaman tentang CBP Rupiah dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: