Sekda Kukar Buka FGD SPBE, Heriansyah: Banyak Aplikasi Tapi Belum Terkoodinir

Sekda Kukar Buka FGD SPBE, Heriansyah: Banyak Aplikasi Tapi Belum Terkoodinir

Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Kukar, Heriansyah.-ist-diskominfo kukar

KUKAR, NOMORSATUKALTIM- Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono, membuka Focus Group Discussion (FGD) Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Ruang Rapat Utama Inspektorat Daerah Kabupaten Kukar, Selasa 4 Juni 2024.

Hadir Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Kukar, Heriansyah, perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) Kukar serta para Kepala Bagian di berbagai bidang.

Menurut Heriansyah, FGD kali ini mengundang beberapa OPD terkait untuk menyikapi Perpres Nomor 95 tahun 2018 tentang sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

“Pelaksanaan SPBE pada Pemerintah Daerah akan dinilai terkait dengan kematangan mayoritas dalam penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik,” jelasnya.

Telah banyak sistem atau aplikasi dibuat, kata Heriansyah, diharapkan dapat terintegrasi dengan baik.

“Selama ini Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara banyak membangun sistem atau aplikasi di OPD, akan tetapi belum terkoordinir dengan baik. Harapan ke depannya kita dapat melakukan pembinaan, agar bisa lebih efektif dan efisien. Pada era digitalisasi semua sudah berbasis elektronik dan harus segera dilakukan adaptasi, agar kita tidak tertinggal dengan perkembangan teknologi,” terang Heri.

Sementara itu, Sekda Sunggono menyampaikan komitmen Pemkab Kukar untuk mewujudkan tata kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik tersebut.

Menurutnya itu sudah tertuang dalam Program Dedikasi Kukar Idaman. Atau biasa disebut dengan istilah “Disapa”--Digitalisasi Pelayanan Publik.

Untuk diketahui, FGD tersebut bertema “Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kutai Kartanegara”. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: