Dr Novel Soroti Kurangnya Dokter Spesialis di Rumah Sakit Pratama Muara Bengkal

Dr Novel Soroti Kurangnya Dokter Spesialis di Rumah Sakit Pratama Muara Bengkal

Dr Novel Tyty Paembonan.-ist-oke


--

KUTIM, NOMORSATUKALTIM- Kurangnya tenaga dokter spesialis di Rumah Sakit Pratama Muara Bengkal mengundang keprihatinan Dr Novel Tyty Paembonan. Anggota DPRD Kutai Timur (Kutim) ini perlunya ada penambahan tenaga dokter spesialis di rumah sakit itu.  

"Pemerintah melalui instansi terkait harus benar-benar jeli untuk melihat bahwa kita memang benar-benar membutuhkan dokter spesialis," ujar Dr Novel.

Menurutnya, ada empat dokter spesialis yang sangat diperlukan, seperti dokter penyakit dalam, spesialis anak, kandungan, dan dokter spesialis bedah.

Dr Novel menekankan pentingnya melihat kebutuhan masyarakat secara proporsional.

"Empat spesialis dasar ini harus diperhatikan dengan cermat, terutama jika jumlah penduduk di daerah tersebut seimbang dengan perbandingan jumlah tenaga dokter spesialis dan jarak antara rumah sakit dan rumah sakit rujukan jauh," terangnya.

"Dokter spesialis memang harus melihat kebutuhan idealnya. Jika rumah sakitnya memadai dan anggaran sudah tersedia, maka masyarakat Muara Bengkal akan senang karena rumah sakit di sana sudah memiliki dokter spesialis yang sesuai dengan kebutuhan," tambahnya.

Anggota Dewan yang tergabung dalam Komisi C itu meminta pemerintah dan instansi terkait segera mengambil tindakan.

"Kekurangan dokter spesialis ini harus segera diatasi dengan penambahan tenaga medis yang memadai, sesuai dengan kebutuhan dan standar pelayanan kesehatan yang diinginkan masyarakat," tegasnya.

Ia juga menyoroti pentingnya pemenuhan standar pelayanan kesehatan di setiap wilayah.

"Setiap warga berhak mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas, termasuk di dalamnya pelayanan dari dokter spesialis," tandasnya.

Pihaknya juga mengajak semua pihak terkait, baik pemerintah daerah, rumah sakit, maupun pihak terkait lainnya untuk bekerja sama dalam menyelesaikan masalah ini.

"Kerjasama antarinstansi sangat penting untuk memastikan bahwa setiap warga Kutai Timur dapat mendapatkan layanan kesehatan yang setara dan memadai," pungkasnya.

Ia berharap, keberadaan dokter spesial  di RS Pratama Muara Bengkal dapat memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat.

"Diharapkan keberadaan dokter spesialis di Rumah Sakit Pratama Muara Bengkal dapat segera diperbaiki demi memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat dengan lebih baik," harapnya. (*/oke)

Post View: website counter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: