KPU Balikpapan Lantik 102 Anggota PPS Pilkada 2024

KPU Balikpapan Lantik 102 Anggota PPS Pilkada 2024

Pelantikan 102 anggota PPS oleh KPU Kota Balikpapan, pada Minggu (26/5/2024). -chandra/disway-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan melantik sebanyak 102 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pilkada 2024.

Ketua KPU Balikpapan, Prakoso Yudho Lelono memimpin langsung upacara pelantikan dan pengambilan sumpah. Acara berlangsung di Ballroom Hotel Grand Tjatra, Minggu 26 Mei 2024. 

Dalam sambutannya, Prakoso Yudho menyampaikan selamat kepada seluruh anggota PPS yang baru dilantik.  Ia menekankan bahwa anggota PPS memiliki tanggung jawab besar dalam melaksanakan pemutakhiran data, pemungutan suara, serta penghitungan di tingkat Kelurahan.

BACA JUGA:Tiga Terduga Pelaku Penyalahgunaan Sabu di Balikpapan Diciduk Polisi

Prakoso Yudho juga menekankan pentingnya konsolidasi segera setelah pelantikan. Menurutnya, tanpa konsolidasi yang baik, program kerja tidak akan berjalan sesuai rencana. 

"Saya mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk menjaga situasi kondusif di Kota Balikpapan," ujar Prakoso Yudho.

Turut hadir yakni Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud SE, yang diwakili oleh Asisten I Tata Pemerintahan Kota Balikpapan, Zulkifli, juga memberikan sambutannya.

"Atas nama Pemerintah Kota Balikpapan, saya mengucapkan selamat kepada anggota PPS yang telah dilantik. Kami berharap mereka dapat menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab dan integritas," ujar Rahmad dalam sambutan tertulisnya.

BACA JUGA:Warga Karang Joang Keluhkan Debu dan Jalan Rusak Akibat Proyek Tol IKN

Rahmad juga menambahkan bahwa anggota PPS harus memahami semua regulasi terkait Pilkada dan menjaga kekompakan serta integritas.  Ia juga menekankan bahwa PPS adalah pelaksana teknis dan bukan pengambil kebijakan, sehingga koordinasi dan komunikasi dengan semua pihak terkait sangat penting.

"Penting bagi anggota PPS untuk memastikan masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik. Oleh karena itu, teruslah membangun komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak, termasuk PPK, KPU, Bawaslu, dan pihak terkait lainnya," pungkasnya.

Dengan dilantiknya anggota PPS ini, Ia pun berharap tahapan Pilkada Balikpapan dapat berjalan lancar dan sukses, mencerminkan demokrasi yang sehat dan berintegritas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: