Dinsos Kukar Akan Lakukan Rehabilitasi Sosial bagi ODGJ dan Lansia Telantar

Dinsos Kukar Akan Lakukan Rehabilitasi Sosial bagi ODGJ dan Lansia Telantar

Dinas Sosial Kukar prihatin banyaknya orang berkebutuhan khusus yang telantar dan tidak diurusi oleh keluarganya.-int-diskominfo kukar


--
KUKAR, NOMORSATUKALTIM- Dinas Sosial Kabupaten Kutai Kartanegara (Dinsos Kukar) menyoroti banyaknya orang berkebutuhan khusus yang terlantar di wilayah Kukar.

Ini diduga minimnya kesadaran masyarakat untuk merehabilitasi anggota keluarganya yang membutuhkan bantuan.

Kepala Bidang Rehabilitasi Dinsos Kukar, Sunarko mengatakan orang telantar yang berkeliaran di Kukar ini kebanyakan seperti orang dalam gangguan jiwa (ODGJ), lansia, dan anak. Kebanyakan dari mereka memerlukan bantuan sosial akan tetapi tidak diperhatikan keluarga.

“Kami sering melihat keluarga yang enggan atau kurang peduli merawat anggota keluarganya yang membutuhkan bantuan sosial,” kata Sunarko.

Padahal, menurut Sunarko, pihak keluarga memiliki peran penting dalam hal ini. Ia pun menyarankan kepada masyarakat jika memiliki anggota keluarga yang telantar agar bisa dimasukan rehabilitasi Dinsos Kukar supaya mendapatkan bantuan yang memadai.

“Keterlibatan keluarga dapat mempercepat proses dan meningkatkan hasil rehabilitasi sosial bagi ODGJ, lansia terlantar, dan anak terlantar,” tambah Sunarko.

Sunarko menduga ada beberapa faktor lain yang membuat masyarakat enggan untuk direhabilitasi. Seperti stigma dan rasa malu yang kerap menjadi hambatan dalam proses ini.

“Kami mengajak masyarakat untuk lebih terbuka dan peduli terhadap anggota keluarga yang memerlukan bantuan sosial, sehingga mereka bisa mendapatkan perawatan dan dukungan yang pantas,” imbuh Sunarko. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: