Tips Penting! Menyelamatkan Orang Tenggelam Tanpa Mengorbankan Diri Sendiri

Tips Penting! Menyelamatkan Orang Tenggelam Tanpa Mengorbankan Diri Sendiri

Penting diingat bahwa penyelamatan korban tenggelam dibutuhkan lebih dari sekedar kemampuan berenang.-(Ilustrasi/Istimewa)-

Jika Anda memiliki akses ke alat penyelamatan seperti pelampung atau tali, gunakanlah. Alat-alat ini dapat membantu Anda menyelamatkan orang tersebut tanpa harus masuk ke dalam air dan menghadapi risiko yang lebih besar.

BACA JUGA: Memaksa Berenang di Sungai Mahakam, Bocah 10 Tahun Ditemukan Meninggal

4. Ingatkan Orang Lain

Jika Anda tidak bisa menyelamatkan orang tersebut sendirian, carilah bantuan dari orang lain. Ingatkan orang-orang di sekitar Anda untuk membantu dalam upaya penyelamatan. Semakin banyak orang yang terlibat, semakin besar peluang untuk menyelamatkan orang yang tenggelam tanpa mengorbankan nyawa mereka sendiri.


Hampiri korban dari arah belakang agar Anda tidak menjadi target dekapan korban.-(Ilustrasi/Istimewa)-

5. Jangan Berenang Menghadap Korban

Saat Anda mendekati orang yang tenggelam, jangan pernah berenang menghadap mereka. Hal ini dapat membuat Anda menjadi target dan menyebabkan korban mencoba untuk menyelamatkan diri dengan memanjat atau mendekap erat tubuh Anda. Kondisi ini jelas dapat membahayakan keduanya. Sebaliknya, berenanglah ke samping atau ke belakang korban, dan cobalah untuk mendekati mereka dari arah yang aman.

BACA JUGA: Ramaikan World Water Forum Ke-10, Desa Wisata Air di Kaltim Ini Bisa Jadi Destinasi Pilihan

6. Gunakan Teknik Penyelamatan yang Aman

Jika Anda memiliki pelatihan dalam penyelamatan, gunakanlah teknik yang aman dan efektif. Misalnya, jika Anda telah dilatih dalam teknik penarikan, gunakanlah itu untuk menarik korban ke daratan dengan aman. Hindari teknik-teknik yang berisiko tinggi dan lebih cenderung menyebabkan cedera pada Anda atau korban.

7. Tetap Waspada terhadap Lingkungan

Saat Anda sedang menyelamatkan seseorang dari tenggelam, tetaplah waspada terhadap lingkungan sekitar. Jangan sampai Anda terlalu fokus pada korban sehingga Anda tidak menyadari adanya bahaya lain, seperti arus kuat atau objek tajam di dalam air.

BACA JUGA: Pesawat Boeing 737 Makan Korban Lagi, Kali Ini di Senegal

 

Catatan Penting!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: