KPU Tetapkan 30 Nama DPRD Berau Terpilih Hasil Suara Sah Pemilu 2024, Berikut Daftarnya:

KPU Tetapkan 30 Nama DPRD Berau Terpilih Hasil Suara Sah Pemilu 2024, Berikut Daftarnya:

rapat pleno terbuka penetapan nama DPRD terpilih oleh KPU Berau-Disway Kaltim-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Berau telah menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Berau.

Penetapan berlangsung di Ballroom Hotel Exclusive jalan AKB Sanipah 2 Tanjung Redeb, Kamis (2/5/2024) malam.

Ketua KPU Berau, Budi Harianto, mengatakan, proses Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, dimulai ketika pendaftaran calon anggota legislatif, kampanye, pemungutan suara di TPS, penetapan di BPK, kecamatan, kabupaten, provinsi dan terakhir di KPU RI.

BACA JUGA : Modal 3 Kursi, Partai NasDem Paser Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati

Setelah penetapan KPU RI, ada tahapan dimana peserta dapat melanjutkan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) untuk pemilihan presiden dan wakil presiden.

"Dan itu juga sudah selesai, kemudian lanjut ke tahapan PHPU DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota," ungkapnya.

 

 

Budi menjelaskan, pelaksanakan rapat pleno terbuka untuk penetapan perolehan kursi DPRD kabupaten Berau ini berdasar pada Peraturan KPU nomor 6 tahun 2024 pasal 17 dan 22.

"Yang mana, bahwa penetapan pasangan calon terpilih penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih dalam pemilu itu dilaksanakan maksimal 3 hari setelah surat Mahkamah Konstitusi terkait dengan jawaban atas permintaan data regulasi permohonan perkara perselisihan hasil pemilu 2024," jelasnya.

BACA JUGA : Akmal Malik: Jangan Lupa Tanggal 27 November 2024 Datang ke TPS!

Surat terkait dengan pemberitahuan PKPU itu dikeluarkan oleh mahkamah konstitusi pada tanggal 29 April 2024. 

"Setelah ditetapkan itu, maksimal 3 hari harus kita tetapkan. Maka tanggal 2 ini merupakan hari terakhir batas penetapan untuk perolehan kursi DPRD kabupaten/kota apabila dikabupaten/kota tersebut tidak terdapat PHPU," bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: