DPMD Kukar Gelar Rapat Evaluasi Capaian Kinerja Penyerapan Anggaran Triwulan I

DPMD Kukar Gelar Rapat Evaluasi Capaian Kinerja Penyerapan Anggaran Triwulan I

Rapat DPMD Kukar terkait evaluasi penyerapan anggaran. -ist-diskominfo kukar

KUKAR, NOMORSATUKALTIM- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Rapat Evaluasi dan Pengendalian Capaian Kinerja dan Penyerapan Anggaran Triwulan I Tahun 2024. Kegiatan tersebut digelar di ruang rapat kantor DPMD Kukar, Kamis (18/4/2024).

Rapat ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana program dan kegiatan yang telah dilaksanakan, kendala yang dihadapi, serta langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kinerja dan penyerapan anggaran di masa depan.

Kepala DPMD Kukar, Arianto, menyampaikan bahwa rapat ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan minimal setiap triwulan.

Namun, di tahun 2024 ini, rapat evaluasi triwulan I dimajukan karena adanya penyesuaian aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dan bulan puasa.

“Rapat ini membahas capaian kinerja dan penyerapan anggaran DPMD Kukar di triwulan I tahun 2024. Masing-masing bidang memaparkan capaian program dan kegiatannya, serta kendala yang dihadapi,” kata Arianto.

Arianto menjelaskan beberapa kendala dan hambatan yang diidentifikasi dalam rapat itu. Yakni, penyesuaian aplikasi SIPD, bulan puasa dan kurangnya koordinasi antar instansi.

Untuk mengatasi kendala dan hambatan tersebut, disepakati beberapa solusi dan langkah strategis. Seperti, melakukan sosialisasi dan pelatihan terkait aplikasi SIPD, meningkatkan koordinasi antar instansi dan memperkuat peran pendamping desa.

“DPMD Kukar berkomitmen untuk memperkuat kolaborasi dengan mitra kerja, seperti gugus tugas pendamping desa, tenaga ahli pendamping desa dan kelurahan (pendekar), dan pendamping dari Kemendes DPMD. Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu mempercepat pelaksanaan program dan kegiatan DPMD Kukar,” Jelasnya.

Rapat Evaluasi dan Pengendalian Capaian Kinerja dan Penyerapan Anggaran Triwulan I Tahun 2024 ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan kinerja dan penyerapan anggaran DPMD Kukar.

Dengan mengatasi kendala dan hambatan yang ada, serta memperkuat kolaborasi dengan mitra kerja, diharapkan DPMD Kukar dapat mencapai target yang telah ditetapkan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: