Latih 6.000 Pelaku UMKM, Upaya Camat Tenggarong Seberang Tingkatkan Kualitas SDM Lokal

Latih 6.000 Pelaku UMKM, Upaya Camat Tenggarong Seberang Tingkatkan Kualitas SDM Lokal

Camat Tenggarong Seberang, Tego Yuwono.-ist-diskominfo kukar


--
KUKAR, NOMORSATUKALTIM- Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Camat Tenggarong Seberang Tego Yuwono, menekankan pentingnya pelatihan yang berkesinambungan.

Di Kecamatan Tenggarong Seberang, telah dilakukan inisiatif dengan mengadakan pelatihan tahunan yang telah diikuti oleh sekitar 6.000 pelaku UMKM. Tujuannya memperkuat dasar usaha mereka.

“Sekitar 40 sampai 50 persen dari pelaku UMKM di wilayah kita telah berhasil mendapatkan sertifikasi halal, serta sertifikasi produk kesehatan dan pengemasan,” kata Tego.

Ia mengaku berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap pelaku UMKM akan mendapatkan sertifikasi halal dan standar produk kesehatan serta pengemasan yang sesuai.

Camat Tego menyatakan apresiasi terhadap para pelaku UMKM di wilayahnya yang telah menunjukkan ketahanan bisnis yang luar biasa selama pandemi Covid-19.

Pun ia menekankan pentingnya kearifan lokal sebagai aspek kunci dalam meningkatkan ekonomi lokal.

“Kearifan lokal memungkinkan kita untuk mengolah bahan mentah menjadi produk bernilai tambah, seperti mengubah singkong menjadi keripik yang enak,” kata Tego.

Tego juga menjanjikan dukungan berkelanjutan dari pemerintah dalam membantu pelaku UMKM memasarkan produk mereka, dengan tujuan untuk memodernisasi dan mengoptimalkan potensi bisnis mereka.

“Sebagai bagian dari UMKM, mereka berhak atas dukungan penuh dari pemerintah untuk berkembang,” tutup Tego. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: