Puncak Arus Balik di Pelabuhan Semayang Diprediksi Berlangsung 14-16 April 2024

Puncak Arus Balik di Pelabuhan Semayang Diprediksi Berlangsung 14-16 April 2024

Aktivitas penumpang kapal di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur.-(Istimewa)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Puncak Arus Balik Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 Hijriah melalui kapal laut di Pelabuhan Semayang, Balikpapan diprediksi terjadi pada 14-16 April 2024.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Laut dan Usaha Pelabuhan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), I Komang Wisnu Dananjaya.

"Hasil perkiraan kami menunjukkan bahwa arus balik penumpang yang akan menggunakan kapal laut di terminal ini diperkirakan terjadi dari tanggal 14 April malam hingga 16 April 2024. Periode ini diperkirakan sebagai waktu puncak kepulangan bagi para penumpang kapal laut," ujar Komang, Minggu (14/4/2024).

Menurutnya, diperkirakan ada sekitar 3.000 hingga 4.000 penumpang pada puncak arus balik Lebaran 2024. Mereka kembali ke Kalimantan Timur (Kaltim) menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Semayang usai berlibur di kampung halaman.

Kapal-kapal yang akan tiba di Pelabuhan Semayang berasal dari Surabaya, Parepare, dan Pantoloan selama periode tersebut.

Menyikapi lonjakan kedatangan penumpang, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) telah bersiap bersama operator pelayaran dan terminal kedatangan.

Sejumlah langkah telah diambil, termasuk penambahan personel untuk memastikan kelancaran proses kedatangan penumpang di Terminal Semayang.

Kolaborasi juga dilakukan dengan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan guna memastikan mobilitas penumpang terjaga lancar.

Meskipun persiapan telah dilakukan, beberapa masalah seperti penumpang tanpa tiket atau tiket tidak sesuai identitas masih menjadi perhatian.

KSOP terus memberikan edukasi kepada penumpang tentang pentingnya memiliki tiket sesuai identitas untuk memastikan kelancaran proses keberangkatan.

Untuk itu, seluruh calon penumpang dan penumpang diimbau mengikuti aturan berlaku untk menjaga keamanan dan kenyamanan selama arus balik lebaran.

Para penumpang juga diminta untuk melengkapi identitas diri dan membeli tiket hanya di agen resmi yang ditunjuk atau kantor perusahaan pelayaran terpercaya. Hal ini diharapkan dapat meminimalisir kendala selama masa arus balik lebaran.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: