Potensi Perikanan di Kabupaten Berau Perlu Mendapat Perhatian Khusus

Potensi Perikanan di Kabupaten Berau Perlu Mendapat Perhatian Khusus

Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Berau, Dahniar Ratnawati.-(istimewa)-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau beri perhatian khusus kepada pembangunan sektor perikanan. Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas menjelaskan, perhatian khusus sektor perikanan itu bukan hanya menjadi perhatian Pemkab Berau. Pemprov Kaltim juga mulai melirik Kabupaten Berau sebagai penyanggah ketahanan pangan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Perikanan mendapat perhatian yang khusus terkait dengan perubahan paradigma yang telah digaungkan oleh Gubernur Kaltim yaitu menjadikan Berau sebagai pusat pariwisata pada pembangunan IKN,” singkatnya, Rabu (27/3/2024).

BACA JUGA : Upaya Antisipasi Banjir, Pemkab Berau Kebut Pembangunan Drainase di Titik Rawan Banjir

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Berau, Dahniar Ratnawati menjelaskan, kehadiran IKN sangat menguntungkan sektor perikanan. Pasalnya, perikanan Berau digadang menjadi sentra ketahanan pangan di IKN.

“Dengan adanya IKN, Berau yg memiliki luas laut terbesar di Kaltim dengan keanekaragaman spesies yang tinggi tentu mendukung ketahanan pangan,” ungkapnya.

BACA JUGA : Bupati Berau Tekankan Kualitas Pelayanan Publik Harus Ditingkatkan

Pihaknya akan mendukung ketahanan pangan di IKN tidak hanya melalui peningkatan produksi hasil laut. Berbagai sektor perikanan umum lainnya juga akan diperkuat.

“Untuk mendukung ketahanan pangan, produksi hasil perikanan air tawar juga memiliki potensi yang dapat dikembangkan baik itu kolam, keramba, maupun tambak,” tegasnya.

BACA JUGA : Jelang Arus Mudik, Tarif Bus Damri Alami Kenaikan

Diakuinya, Kabupaten Berau menjadi produsen ikan terbesar di Kalimantan Timur, sehingga hal ini menjadi perhatian khusus pihaknya untuk terus dikembangkan.

“Produsen  ikan terbesar di Kaltim dari Berau. Tapi perikanan juga makin kuat karena didukung juga dengan wisata Berau yang indah dan menjadi daya tarik wisata,” pungkasnya.

BACA JUGA : Musim Pengaruhi Aktivitas Nelayan Melaut, Dinas Perikanan Pastikan Stok Ikan Tangkap Tercukupi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: