Update Ranking FIFA: Timnas Indonesia Lompat 8 Posisi Usai 2 Kali 'Gunduli' Vietnam

Update Ranking FIFA: Timnas Indonesia Lompat 8 Posisi Usai 2 Kali 'Gunduli' Vietnam

Ramadhan Sananta merayakan golnya ke gawang Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang berlangsung di stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa (26/3/2024) malam.-(Dok. PSSI)-

JAKARTA, NOMORSATUKALTIM - Ranking FIFA timnas Indonesia melesat ke peringkat 134 dari sebelumnya peringkat 142. Peringkat FIFA Timnas Indonesia melompat 8 posisi usai 2 kali membenamkan Vietnam dengan rekor clean sheet atau tanpa gol.

Usai mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 di matchday ketiga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, di Stadion GBK, Jakarta. Timnas kembali mengalahkan Vietnam 3-0 pada matchday keempat yang berlangsung di My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024) malam.

Gol skuad Garuda diciptakan melalui sundulan Jay Idzes pada menit ke-9, sepakan kaki kiri Ragnar Oratmangoen pada menit ke-23 dan tembakan Ramadhan Sananta pada menit 90+8.

BACA JUGA: Puasa 20 Tahun Pecah, Timnas Indonesia Lumat Vietnam 3-0 di Kandang Lawan

Kemenangan timnas Indonesia atas Vietnam membuka peluang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, menemani Irak yang terlebih dahulu lolos usai mengalahkan Filipina dengan skor telak 5-0.

Timnas Indonesia kini menduduki peringkat kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan mengoleksi tujuh angka, terpaut lima angka dari Irak yang memuncaki klasemen.

Tak hanya itu, peringkat FIFA timnas Indonesia melesat berkat kemenangan atas Vietnam dengan mendapat tambahan 14,67 poin dalam ranking FIFA.

Ada empat negara yang digeser timnas Indonesia dalam peringkat FIFA yakni Kuwait (138), Lithuania (137), Latvia (136) dan Nicaragua (135). 

BACA JUGA: Fakta-Fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam

Sementara itu, peringkat FIFA dari wakil-wakil  Asia Tenggara lain mengalami nasib yang buruk dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2024.

Sebut saja Thailand dihajar Korea Selatan 0-3, Singapura dilucuti tuan rumah China dengan skor 1-4, Malaysia dihajar Oman 0-2, bahkan Filipina digunduli tim tamu Irak 0-5 dan Myanmar ditelanjangi Suriah 0-7.

Mayoritas negara Asia Tenggara mengalami penurunan posisi seperti Vietnam yang turun 10 posisi dari peringkat 105 ke 115 dunia usai dikalahkan timnas Indonesia.

Malaysia juga mengalami penurunan empat posisi dari peringkat 132 ke 136 dunia, dan Thailand tertahan di peringkat 101 dunia.

BACA JUGA: Muncul Api, SPBU di Jalan MT Haryono Balikpapan Nyaris Terbakar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id