Disperindag Kaltim: Stok Kebutuhan Pokok Cukup, Puasa dan Lebaran Aman

Disperindag Kaltim: Stok Kebutuhan Pokok Cukup, Puasa dan Lebaran Aman

Kepala DP2KUKM, Heni Purwaningsih menjawab pertanyaan wartawan dalam konferensi pers.-(Ist./ Disway Kaltim)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Stok bahan kebutuhan pokok untuk masyarakat Kalimantan Timur (Kaltim) dipastikan cukup menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), tepatnya pada Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 2024.

Klaim ini disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DP2KUKM). 

BACA JUGA: Musim Pengaruhi Aktivitas Nelayan Melaut, Dinas Perikanan Pastikan Stok Ikan Tangkap Tercukupi

Kepala DP2KUKM, Heni Purwaningsih menyatakan, pihaknya terus memastikan agar stok kebutuhan pokok untuk masyarakat tersedia dalam jumlah yang cukup, bermutu baik dan dipertahankan pada harga yang tetap terjangkau.

Heni mengimbau kepada masyarakat agar tidak panic buying atau membeli secara berlebihan dan menumpuknya di rumah.

BACA JUGA: THR Wajib Dibayarkan, Pekerja Bisa Lapor jika Ada Perusahaan Tak Ikuti Aturan

Aktivitas semacam ini, kata Heni, justru akan mengancam ketersediaan komoditi bahan pokok di pasaran.

“Stok cukup sampai setelah lebaran. Puasa dan lebaran aman. Masyarakat tidak perlu panic buying. Kita pastikan aman,” ujat Heni saat memberikan keterangan pers kepada awak media di Kantor Diskominfo Kaltim, Jumat (22/3/2024) .

BACA JUGA: DLHK Berau Berencana Menambah Kapal Pengangkut Sampah

Heni melanjutkan, dalam momentum HBKN memang selalu terjadi kecenderungan kenaikan permintaan kebutuhan pokok. Termasuk selama bulan Ramadan

Meski masyarakat banyak yang melakukan ibadah puasa, faktanya konsumsi bahan pokok justru meningkat selama bulan Ramadan.

“Konsusmsi makan memang berkurang, tapi riilnya justru permintaan kebutuhan pokok bertambah. Karena harus bikin takjil dan sebagainya,” tandah Heni.

BACA JUGA: Dishub Balikpapan Uji Coba Teknologi Sergek untuk Keamanan di Jalan Raya

Provinsi Kaltim sebagai daerah yang masih mengandalkan komoditi bahan pokok dari luar, terus berusaha menjaga ritme distribusi pasokan dan harga bahan pokok agar tetap stabil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: