Ramai Dibahas di Medsos, Benarkah Makanan Pedas Jadi Penyebab Kista?

Ramai Dibahas di Medsos, Benarkah Makanan Pedas Jadi Penyebab Kista?

Makanan pedas dituding sebagai penyebab kista, benarkah?-(Foto/Freepik)-

JAKARTA, NOMORSATUKALTIM - Kabar tentang komika Kiky Saputri yang mengalami keguguran akibat adanya kista ovarium masih mengejutkan banyak pihak. 

Selain banjir doa dan simpati dari netizen, pembahasan tentang kemungkinan makanan pedas sebagai penyebab kista juga menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Kista sendiri merupakan pembentukan cairan abnormal yang dapat terjadi di berbagai organ tubuh, mulai dari kulit, payudara, ginjal, hingga rahim (ovarium), dengan ukuran yang bervariasi.

Namun, pertanyaannya adalah, apakah benar makanan pedas dapat menjadi penyebab kista?

Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Petaniku, Harapanku dan Masa Depan Ketahanan Pangan di Kaltim

 

Benarkah Makanan Pedas Memicu Kista?

Mengutip Health Match penyebab pasti kista ovarium seperti yang diderita Kiky Saputri masih belum sepenuhnya dipahami. 

Kista tersebut diyakini muncul karena beberapa faktor, termasuk ketidakseimbangan hormon, faktor genetik, dan masalah ovulasi.

Masalah ovulasi seringkali menjadi penyebab munculnya kista fungsional yang umum terjadi pada perempuan. Perkembangan kista fungsional ini biasanya tidak menimbulkan gejala yang signifikan dan dianggap normal serta aman.

Selain kista fungsional, ada juga jenis kista patologis yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal dan lebih mungkin bersifat kanker.

BACA JUGA: Bincang Santai Jurnalis Bareng Pj Gubernur Kaltim, Bahas Agenda Ketahanan Pangan

Beberapa ahli memang mencurigai bahwa konsumsi makanan olahan pedas, berminyak, dan tinggi gula dapat berpotensi memicu masalah pada ovarium serta menjadi pemicu tidak langsung dari pertumbuhan kista.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id