Akmal Malik Minta Dinkes Tingkatkan Status Rumah Sakit di Perbatasan

Akmal Malik Minta Dinkes Tingkatkan Status Rumah Sakit di Perbatasan

Pj Gubetnur Kaltim, Akmal Malik (kedua dari kiri) saat meninjau fasilitas kesehatan di RSUD di Desa Kerang, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser. -(Dok. Adpimprov Kaltim)-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) meningkatkan status rumah sakit di wilayah perbatasan Kaltim dan Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Hal ini disampaikan Akmal Malik saat menghadiri acara Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Rerpoduksi (KBKR) di Desa Kerang, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser.

BACA JUGA: Bapemperda DPRD Kaltim Ungkap Lima Perda Berubah Judul

Akmal meminta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batu Engau yang berstatus tipe D ditingkatkan menjadi tipe C. 

"Saya langsung menugaskan Kepala Dinas Kesehatan Kaltim untuk segera melakukan proses peningkatan status rumah sakit ini menjadi tipe C," ujar Akmal, Selasa (5/3/2024).

BACA JUGA: Hari Pertama Operasi Keselamatan Mahakam 2024, Pelanggaran Batas Kecepatan Mendominasi

Melalui peningkatan status, kata Akmal, kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat di perbatasan Provinsi Kaltim bisa ditingkatkan.

"Tentu kami sangat mendukung pembangunan kesehatan," katanya  saat memberikan sambutan di lokasi kegiatan.

BACA JUGA: 9 Warganya Dibebaskan Polisi, Pj Bupati PPU Mengaku Sempat Menghadap Jokowi

Akmal memastikan, pihaknya juga akan memberikan bantuan alat-alat pendukung pelayanan kesehatan, seperti alat untuk USG atau obgyn untuk mendukung layanan kesehatan di perbatasan.

"Alat ini sudah lama. Warnanya kuning tidak, putih tidak. Kalau komputer ini masih WS," canda Akmal menilai fasilitas RSUD tersebut.

BACA JUGA: Hasil Pleno Tingkat Kabupaten, Daftar 30 Nama Bakal Anggota DPRD Paser Terpilih Periode 2024-2029

"Saya minta Pak Kadis beri dukungan untuk perubahan 2024. Segera diajukan proposal. Tapi ingat ada prosedurnya. Jangan dikira semua sudah beres kalau sudah diminta gubernur," sambungnya.

Menurut Akmal, tidak akan rugi jika pemerintah mau meningkatkan layanan dasar masyarakat, terutama kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: