Masa Tenang Pemilu, Masih Banyak APK Bertebaran di Balikpapan

Masa Tenang Pemilu, Masih Banyak APK Bertebaran di Balikpapan

Penertiban sejumlah APK di Balikpapan menggunakan Crane.-istimewa-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Memasuki hari kedua masa tenang Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Balikpapan menyebut masih terdapat beberapa Alat Peraga kampanye (APK) terpasang di area publik.

Hal itu membuat Bawaslu Balikpapan melakukan penertiban dengan menggandeng Satpol PP. Ketua Bawaslu Balikpapan, Wasanti mengingatkan, memasuki hari tenang, pentingnya menggecarkan penertiban. Hal ini mengingat masih banyak APK yang masih terpasang, meskipun telah diberikan himbauan untuk menurunkannya.

"Bawaslu masih terus berupaya melakukan penertiban terhadap APK peserta Pemilu 2024, meskipun sebelumnya telah memberikan himbauan terhadap seluruh peserta pemilu, juga partai politik untuk menurunkan APK nya secara mandiri," kata Wasanti, Senin 12 Februari 2024. 

Wasanti mengaku, Bawaslu Balikpapan mendapat beberapa laporan dari warga terkait APK yang masih terpasang di sejumlah titik. Menurutnya, masih ada ribuan APK yang belum juga diturunkan meski telah memasuki hari kedua masa tenang. 

Dia pun mengaku kesulitan untuk mencopot beberapa APK karena keterbatasan peralatan. seperti APK yang terpasang di papan reklame. Menurutnya, penertiban APK di masa tenang menjadi tantangan tersendiri bagi Bawaslu Balikpapan. Hal ini mengingat minimnya peralatan serta kondisi cuaca yang sering hujan. 

Meski begitu, Ketua Bawaslu Balikpapan ini mengaku turut menggandeng instansi lain yang mempunyai peralatan mumpuni. Bawaslu juga berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Balikpapan untuk dapat menurunkan APK diketinggian menggunakan alat crane.

"Penurunan pun mesti dilakukan berhati-hati, mengingat lagi, kondisi hujan yang melanda Kota Balikpapan hampir setiap hari," ungkapnya.

Adapun di hari kedua masa tenang Pemilu 2024, banyak APK yang masih terpasang. Terutama di daerah padat penduduk. Bawaslu Balikpapan menegaskan, akan terus berupaya untuk menertibkan APK yang masih terpasang. Terutama di kawasan Kota. Demi memastikan pelaksanaan Pemilu berlangsung dengan adil dan berintegritas.

"Terutama di daerah padat penduduk. Tapi di kawasan Manggar, Balikpapan Timur, jumlah APK yang terpasang sudah mulai berkurang banyak," tandasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: