Menteri ATR/BPN Janji Wujudkan Balikpapan Sebagai Kota Lengkap

Menteri ATR/BPN Janji Wujudkan Balikpapan Sebagai Kota Lengkap

Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto dalam kunjungan kerja ke Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.-(Disway/ Istimewa)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto berjanji akan mewujudkan Kota Balikpapan sebagai Kota Lengkap di 2024.

Diketahui, Kota Balikpapan merupakan kota penunjang Ibu Kota Nusantara (IKN) yang dibangun di kawasan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Kota lengkap banyak sekali manfaatnya," kata Hadi Tjahjanto, dikutip dari Antara, Rabu (17/1/2024).

Mantan Panglima TNI itu menjelaskan, kota lengkap adalah seluruh bidang tanah terpetakan secara lengkap, baik secara spasial maupun yuridis yang bertujuan untuk meminimalisir pergerakan mafia tanah.

Program ini, kata Hadi Tjahjanto, sekaligus untuk mendukung proses digitalisasi administrasi tanah.

Hal ini sejalan dengan visi pemerintah untuk memberikan kepastian hukum hak atas tanah kepada masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Hadi Tjahjanto juga secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah dari rumah ke rumah, yang merupakan hasil dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada warga Manggar, Kota Balikpapan.

Sementara itu, Kepala BPN Balikpapan, Herman Hidayat menyebut, ada 36 sertifikat yang dibagikan Menteri ATR/BPN di Kota Balikpapan.

Total keseluruhan sertifikat tanah program PTSL di Balikpapan sebanyak 15.150. Jumlah ini merupakan target BPN Balikpapan tahun 2023.

Herman menyebut, dengan bertambahnya jumlah sertifikat itu, maka Kota Balikpapan sudah mendaftarkan sebanyak 239.986 bidang tanah dari keseluruhan 263.876.

"Capaian di Kota Balikpapan sudah di angka 90,95 persen," kata Herman.

Herman menjelaskan, setelah penyerahan sertifikat secara simbolis oleh Menteri ATR/BPN, pembagian sertifikat akan dilanjutkan oleh lurah setempat.

Merespons target Menteri Hadi untuk mewujudkan Kota Balikpapan sebagai Kota Lengkap, BPN Balikpapan akan segera menyesuaikan program di tahun 2024.

"Tahun 2024 target kami tidak begitu banyak, hanya per 1.000 sertifikat, dan di tahun ini juga kami targetkan Balikpapan sebagai kota lengkap," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: