Kado Awal Tahun, Jose Mourinho Berpisah dengan AS Roma

Kado Awal Tahun, Jose Mourinho Berpisah dengan AS Roma

Jose Mourinho mengantkat Piala UECL.--

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Jose Mourinho resmi mengakhiri petualangannya bersama AS Roma. Mourinho dikabarkan mengundurkan diri sebagai pelatih usai menoreh hasil buruk dan tidak mampu mengangkat performa tim.

"AS Roma mengumumkan bahwa Jose Mourinho dan kolaborator teknisnya akan segera meninggalkan Klub. Pembaruan lebih lanjut mengenai panduan teknis Tim Pertama yang baru akan diumumkan segera," tulis akun resmi klub.

Berpisahnya Mourinho dengan Roma buntut dari buruknya penampilan klub ibu kota di beberapa pertandingan. Momen paling mengecewakan adalah ketika Roma kalah derby melawan Lazio di ajang Coppa Italia. Roma harus tunduk 0-1 dan memupus asa untuk lolos ke babak selanjutnya. Mou tercatat baru menoreh sekali kemenangan saat derby di musim pertamanya yakni 2021/2022. Setelah itu hasil buruk derby selalu menyertainya.

Roma pun harus cepat mencari pengganti Mou. Dikutip Gianluca di Marzio, legenda klub Daniele De Rossi menjadi nama teratas menukangi klub hingga akhir musim. De Rossi disebut bakal menjadi care taker Mou, sampai klub menemukan pengganti tetap.  

Kutukan musim ketiga
Pelatih dengan julukan Special One tersebut memang terkenal dengan gaya nyentrik dan kengototannya di hadapan publik dan pers. Tapi satu hal yang tidak bisa Mourinho lawan adalah kutukan musim ketiganya. Ya, hampir semua klub ya ia tukangi selalu bernasih buruk di musim ketiga.

Di klub-klub sebelumnya, Mourinho tidak pernah bertahan lebih dari tiga musim. Di periode pertamanya menangani Chelsea, Mourinho diberhentikan pada September 2007.


Pemain AS Roma Paulo Dybala menjadi tumpuan serangan utama Mourinho.--

Saat itu Chelsea lagi menurun setelah dua musim beruntun menjuarai Liga Inggris serta satu Piala FA dan satu Piala Liga Inggris. Lalu, saat menukangi Real Madrid, Mourinho juga cuma bertahan tiga musim. Setelah meraih Copa del Rey dan LaLiga, musim ketiga Mourinho berakhir berantakan juga.

Ketika kembali ke Chelsea pada 2013, Mourinho berhasil membawa tim itu juara Liga Inggris 2014/2015 sebelum dipecat di pertengahan musim 2015/2016 karena hasil buruk. Di Manchester United pun sama, Mourinho cuma 2,5 musim setelah sempat memberikan gelar Liga Europa dan Piala Liga Inggris. Dia dipecat Desember 2018 karena MU terpuruk.
 
Terpaan Cobaan Roma
Selain Mourinho, general manajer Roma Tiago Pinto pun akan pergi awal Februari nanti. Pinto sudah mengumumkan akan angkat kaki sejak awal tahun ini. Sambil menunggu saat itu tiba, ia masih ingin melanjutkan pekerjaannya di Roma yakni menjual bebarapa pemain demi menambah neraca keuangan klub.

Renato Shancez dikabarkan akan dikembalikan ke klub asalnya PSG. Tapi sayang klub yang bermarkas di Paris itu enggan menerima Sanchez dan hanya mau terima penjualan.
Badai cedera dan minimnya dana untuk bursa transfer cukup membuat Mourinho stress. Ia harus memutar otak meracik strategi dan sebagai alternatif, Mou sampai harus menarik beberapa pemain muda Roma ke tim utama.

Kembalinya futuro capitano
Tak cuma krisis manajemen dan pemain, Roma juga harus berkonsentrasi di kancah Eropa. Ya, Giallorossi masih punya asa mengangkat derajat klub di Liga Eropa melawan Feyenoord bulan depan. Bagi Feyenoord, krisis di tubuh Roma usai ditinggalkan Mourinho merupakan anugerah. Terlebih jika De Rossi serius menjadi care taker, Roma akan kesulitan. Sebab De Rossi belum memiliki pengalaman sebagai pelatih di kancah Eropa.

Catatan De Rossi sebagai pelatih pun tidak terbilang bagus lantaran pernah dipecat oleh SPAL di Serie B karena tidak mampu pula mengangkat performa klub. Satu-satunya alasan mengembalikan De Rossi ke ibu kota adalah demi menaikkan mental para pemain. Sebagaiman diketahui, kalai masih menjadi pemain, De Rossi merupakan sosok sentral yang selalu memotivasi tim ketika sedang terjatuh.


Daniele De Rossi.-X/forzaroma.info-

De Rossi juga tidak segan-segan mengonfrontasi lawan agar konsentrasi permainan mereka berantakan. Melihat kiprah dan De Rossi sebagai legenda klub, patut dinanti performanya jika benar menukangi klub.

Teka-teki pun muncul. kemanakah Mourinho akan berlabuh. Kuat dugaan kalau ia akan kembali ke Chelsea menggantikan Pochetino yang gagal membawa hasil manis. Bahkan Manchester United disebut-sebut mulai meliriknya. Hal ini bukan tidak mungkin, sebab beberapa hari sebelum mengumumkan pengunduran dirinya, Mou berulang kali memosting hal tentang Manchester United d akun X miliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: