Hari ini Kim Jong Un Diyakini Ulang Tahun, Ada Yang Mau Kasih Ucapan?

Hari ini Kim Jong Un Diyakini Ulang Tahun, Ada Yang Mau Kasih Ucapan?

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. -reuters-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un diyakini berulangtahun hari ini Senin 8 Januari 2024. Walau begitu, Pemerintah Korut cenderung enggan menyampaikan ke public perihal hari ulang tahun Kim.

Dikutip reuters, ulang tahun Kim diyakini jatuh hari ini, meskipun rezimnya yang tertutup tidak pernah mengkonfirmasi tanggal tersebut. Pemerintah AS mencantumkan tahun kelahiran Kim sebagai 1984, yang membuatnya berusia 40 tahun tahun ini.

Tanggal lahir ayah dan kakek Kim, yang mendahuluinya sebagai penguasa, merupakan hari libur nasional di negara otoriter tersebut.

Sementara itu, tanggal kelahiran Kim Jong Un selalu berlalu dengan tenang tanpa disebutkan di media atau di kalender negara.

Korea Utara yang paling dekat dengan konfirmasi tanggal tersebut adalah pada Januari 2020 setelah pihak berwenang mengakui bahwa Kim telah menerima ucapan selamat ulang tahun dari Presiden AS saat itu, Donald Trump, meskipun mereka tidak menyebutkan tanggal pastinya.

Tahun ini, kantor berita pemerintah KCNA pada hari Senin menunjukkan Kim mengunjungi sebuah peternakan ayam bersama putrinya dan pejabat senior.
Badan intelijen Korea Selatan mengatakan bulan ini bahwa mereka yakin putrinya, yang dikenal sebagai Ju-ae, kemungkinan besar adalah calon penggantinya.

Pemerintah Kim mendapat sanksi berat atas program senjata nuklir dan rudal balistik Korut, serta pelanggaran hak asasi manusia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: