Waspada Kanker Pankreas juga Berpotensi Serang Usia Muda

Waspada Kanker Pankreas juga Berpotensi Serang Usia Muda

Waspada Kanker Pankreas juga Berpotensi Serang Usia Muda-istimewa-

SAMARINDA, NOMOSATUKALTIM - Dokter spesialis penyakit dalam subspesialis Konsultan Gastroenterologi dan Hepatologi, Ari Fahrial Syam, mengungkapkan bahwa risiko kanker pankreas dapat mengintai pada usia muda.

Ari mengatakan, kanker pankreas umumnya ditemukan pada pasien yang berusia di atas 50 tahun.

Namun, seseorang yang berusia muda juga bisa berisiko terjangkit kanker yang diidap oleh mantan Menko Maritim Rizal Ramli ini.

"Apakah ini (kanker pankreas) bisa terjadi pada usia muda? Bisa. Umur 30 tahun, 40 tahun. Saya juga pernah ketemu pasien kanker pankreas usia 40 tahun," ungkapnya.

Lebih lanjut, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI) ini menjelaskan, bahwa faktor utama pemicu kanker pankreas pada usia muda adalah gaya hidup yang telah diterapkan sejak lama.

Menurutnya, kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol, kurang beraktivitas, dan sering mengonsumsi makanan tinggi lemak adalah gaya hidup yang paling memengaruhi kemunculan kanker pankreas.

"Ya, biasanya kanker pankreas muncul karena rokok dan alkohol sejak usia muda. Obesitas, betul. Kurang bergerak karena obesitas salah satu faktor risiko," kata Ari.

Selain itu, Ari juga mengatakan bahwa kebiasaan anak muda yang sering mengonsumsi daging setengah matang juga bisa memicu risiko kanker pankreas.

Lebih lanjut, kanker pankreas bisa terjadi tanpa ada gejala tertentu. Biasanya, gejala baru muncul ketika kanker sudah memasuki stadium akhir.

"Kalau sudah bergejala artinya sudah terlambat. Ketika pasien matanya kuning, berat badan turun, artinya sudah kanker pankreas, telat," ujarnya.

Menurutnya, kebanyakan kasus kanker pankreas terdeteksi terlambat karena pasien menganggap nyeri ulu hati yang mereka rasakan sebagai gejala penyakit maag atau GERD.

Sebagai informasi, kanker pankreas adalah jenis kanker yang dimulai dengan pertumbuhan sel-sel di pankreas.

Pankreas adalah organ yang berfungsi untuk memproduksi enzim yang membantu mencerna makanan dan hormon untuk mengatur gula darah. Organ yang bentuknya memanjang ini terletak di belakang lambung bagian bawah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: