Makanan Sehat Rendah Garam untuk Kamu Penderita Hipertensi yang Jalani Program Diet

Makanan Sehat Rendah Garam untuk Kamu Penderita Hipertensi yang Jalani Program Diet

Makanan Sehat Rendah Garam Untuk Kamu Penderita Hipertensi yang Ingin Lakukan Program Diet-(ist)-

NOMORSATUKALTIM - Konsumsi garam yang berlebihan berhubungan langsung dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Jadi, semakin tinggi asupan garam harian, maka akan semakin tinggi juga tekanan darah sistolik. Penting untuk menerapkan diet rendah garam untuk hipertensi karena tubuh menahan air saat terkena garam.

Karena kelebihan air dalam darah memberi tekanan lebih besar pada dinding pembuluh darah, makan terlalu banyak akan meningkatkan tekanan darah Anda. Orang dengan tekanan darah tinggi atau ambang batas mendapat manfaat dari pengurangan asupan garam.

Ini juga dapat membantu mencegah penumpukan cairan di perut atau kaki bagian bawah.

Jika tekanan darah sudah tinggi, makan terlalu banyak garam akan membuatnya semakin tinggi dan juga bisa membuat obat yang Anda minum menjadi kurang efektif.

Mengurangi konsumsi garam dapat secara langsung menurunkan tekanan darah dan dapat meningkatkan hasil pengobatan hipertensi alternatif, seperti menurunkan berat badan.

Beberapa manfaat kesehatan lain yang terkait dengan asupan garam yang lebih rendah termasuk membalikkan hipertrofi jantung, menurunkan risiko batu ginjal, dan lain-lain.

Pada artikel ini, kita akan menemukan berbagai jenis makanan untuk dimasukkan ke dalam diet rendah garam.

Sumber utama natrium dalam makanan meliputi masakan yang dimasak di restoran, makanan olahan, dan garam meja yang ditambahkan saat makan. Menggantinya dengan alternatif rendah garam adalah solusi terbaik untuk hipertensi.

 

Melansir dari laman Sportskeeda, berikut beberapa makanan yang ideal dikonsumsi untuk tekanan darah tinggi.

 

1.) Yoghurt tanpa pemanis

Yogurt memberikan hasil tekanan darah yang positif bagi penderita hipertensi. Hal ini disebabkan oleh tingginya jumlah mineral kalsium, potasium, dan magnesium yang dianggap membantu mengatur tekanan darah.

Cara umum untuk mengonsumsi yogurt alami dan Yunani termasuk mencampurkannya dengan buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan untuk sarapan atau camilan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id