Waspada!!! Minuman Berkarbonasi Ternyata Berbahaya Jika Rutin Dikonsumsi

Waspada!!! Minuman Berkarbonasi Ternyata Berbahaya Jika Rutin Dikonsumsi

Rutin konsumsi minuman bersoda berdampak buruk pada kesehatan-(ist)-

NOMORSATUKALTIM - Banyak orang menyukai minuman bersoda terutama saat cuaca panas. Mengonsumsi minuman soda secara rutin berdampak pada tubuh, baik jangka pendek maupun panjang.

Dokter penyakit dalam, gastroenterologi, dan obesitas, Supriya Rao mengatakan, soda berpengaruh langsung pada usus. Ini terbukti dari keluhan kembung dan perut berisi gas akibat karbonasi dan gula setelah minum soda yang dialami beberapa orang.

Ia menambahkan, mengonsumsi soda setiap hari dapat mengganggu sistem pencernaan sehingga menimbulkan gejala sakit perut, diare, atau sembelit yang sering timbul. Hal ini disebabkan gula dalam soda memberi asupan pada bakteri jahat di usus dan merusak lapisan usus. Dalam jangka panjang, rutin minum soda juga meningkatkan berat badan terutama lemak di perut.

“Lemak di perut bisa berbahaya, meningkatkan kemungkinan penyakit jantung, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, dan kanker payudara," jelasnya.

Mengonsumsi soda setiap hari juga berbahaya bagi jantung dan bisa meningkatkan risiko kematian. Beberapa penelitian menemukan bahwa peminum soda baik rutin maupun yang sedang diet memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan stroke. Soda juga berdampak buruk pada otak karena kadar gula tinggi dalam satu kaleng soda dapat memicu peradangan.

"Dalam jangka panjang, kebiasaan minum soda tidak hanya meningkatkan kemungkinan terjadinya kondisi tersebut, tetapi juga dikaitkan dengan penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi,” tambahnya.

Riset juga menunjukkan rutin minum soda dikaitkan dengan tingkat depresi dan risiko demensia yang lebih tinggi. Berbagai efek buruk tersebut juga berlaku bagi peminum soda diet, yang dianggap lebih sehat. Para ahli menyatakan soda diet juga memicu masalah pada usus, jantung, dan otak.

Sebagai informasi, soda dibuat dari air berkarbonasi, pemanis buatan biasanya sirup jagung fruktosa, asam fosfat, dan perasa alami. Banyak produk soda mengandung kafein. Rata-rata satu kaleng soda mengandung 155 kalori, 38 gram karbohidrat, 37 gram gula, dan 34 miligram kafein. (KOMPAS/RM)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: