Petani Sering Gagal Panen, Faizal Rachman Minta Pemkab Beri Insentif

Petani Sering Gagal Panen, Faizal Rachman Minta Pemkab Beri Insentif

Anggota DPRD Kutim Faizal Rachman. (ist)--

Kutim, nomorsatukaltim – Hambatan gagal panen yang sering dialami petani sawah di Kutai Timur harus menjadi perhatian pemerintah.

Untuk itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur Faizal Rachman meminta Pemerintah Kabupaten Kutim memberikan insentif bagi mereka.

"Saya bilang begini, kalau petani itu sudah gagal dia 'kan harus mencari uang lagi untuk tanam baru lagi," terang Faizal Rachman, baru-baru ini.

Menurut Faizal, Pemkab Kutim harus memberikan bantuan berupa pupuk, alat pertanian, dan pelatihan kepada para petani sawah. Hal ini untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani. "Pemkab Kutim harus memperhatikan petani tersebut," tegasnya.

Faizal juga menjelaskan bahwa petani sawah di Kutim saat ini dikelilingi oleh tanaman sawit. Hal ini sangat mempengaruhi karena pada tanaman sawit terdapat serangga. "Makanya hama itu potensi merusak tanaman petani yang ada di sawit," ujarnya.

Lebih lanjut, Faizal mengatakan, pihaknya saat ini masih terus dalam pembenahan dan memastikan kualitas serta struktur tanah para petani sawah agar membaik kedepannya.

"Karena bulan tanam kita ini 'kan di bulan November 2023. Mudah-mudahan di November ini sudah terealisasi sambari menunggu pupuk Nitrobacter itu," harapnya. (*/adv/dprdkutim_23)

Post View: website counter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: