Dinas Pariwisata Kukar Berencana Bangun Rest Area dan Taman di Sekitar Tugu Equator

Dinas Pariwisata Kukar Berencana Bangun Rest Area dan Taman di Sekitar Tugu Equator

Dinas Pariwisata Kukar berencana akan membangun rest area di sekitar Tugu Equator. -(ist)-diskominfo kukar


--

Kukar, NOMORSATUKALTIM- Tugu Equator yang terdapat di Desa Santan Ulu, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi objek wisata prioritas Dinas Pariwisata Kukar. 

Tugu Equator ini merupakan simbol garis khatulistiwa yang memiliki nilai historis dan ilmiah. Lokasinya persis di pinggir jalan raya Samarinda menuju Bontang. 

Untuk memperindah kawasan di sekitar Tugu Equator ini, Dinas Pariwisata Kukar berencana untuk membuat rest area dan taman peristirahatan. 

Rencananya taman ini akan dibuat asri dan nyaman. Itu yang kini tengah diteliti Dispar Kukar.

“Tugu Equator ini sangat potensial untuk dijadikan kawasan wisata. Kita bisa membuat rest area dan taman di sana. Kita juga bisa mengembangkan ekonomi kreatif di sana,” kata Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadiraharjo, Selasa (31/10/2023).

Slamet menuturkan, dalam melaksanakan rencana ini, Dinas Pariwisata Kukar akan bermitra dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Kecamatan Marangkayu

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pengembangan dan perawatan kawasan Tugu Equator ini sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat.

“Kita akan bermitra dengan Pokdarwis yang ada di sana. Mereka yang lebih menguasai situasi dan keadaan di sana,” ujar Slamet.

Slamet juga mengungkapkan, sebelum memulai pembangunan, pihaknya masih harus menyelesaikan masalah status lahan di kawasan tersebut. Menghindari adanya sengketa yang bisa mengganggu rencana.

“Kami harus cermat dulu status lahannya, apakah bisa kita pakai atau tidak. Kalau bisa, kita akan segera mulai membangun rest area dan taman di sana,” akhir Slamet. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: