Arkhan Kaka Selamatkan Timnas U-17 dari kekalahan, Panama Ditahan Imbang 1-1

Arkhan Kaka Selamatkan Timnas U-17 dari kekalahan, Panama Ditahan Imbang 1-1

Selebrasi Arkhan Kaka dan kawan-kawan usai berhasil menjebol gawang lawan.-(Dok. PSSI)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Timnas Indonesia U-17 tahan imbang Panama U-17 pada laga kedua Grup A Piala Dunia U-17 2023, yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Senin (13/11/2023).

Indonesia hanya bisa mengambil satu poin dari tim juri kunci Grup A, dengan skor akhir 1-1.

Panama U-17 unggul terlebih dahulu lewat gol yang dicetak oleh Oldemar Castillo pada menit 45+2. Sementara gol penyeimbang Indonesia hadir lewat tandukan Arkhan Kaka pada menit 54.

BACA JUGA: ASN Balikpapan Diduga Tidak Netral, Wakil Ketua DPRD Minta Bawaslu dan Gakumdu Usut Tuntas

 

Jalannya Pertandingan

Tampil sebagai tuan rumah, Indonesia justru ditekan di menit awal babak pertama.

Panama U-17 menjalankan pressing ketat yang membuat skuad Garuda Muda sulit mengembangkan permainan hingga 15 menit lebih pertandingan berlangsung.

Indonesia baru bisa melepaskan diri dari tekanan timnas Panama di menit ke-19. Terlihat dari peluang yang coba dimanfaatkan Ji Da Bin dengan tendangan kerasnya, namun masih melayang di atas gawang Manuel Romero.

Peluang kembali didapatkan oleh timnas Indonesia pada menit ke-23. Namun, Kafiatur Rizky gagal membawa Indonesia unggul setelah tendangannya melambung jauh dari mistar gawang Panama.

Menit berikutnya, gelandang serang Panama U-17, Éric Moreno mencoba peruntungan dengan melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti, namun belum menemui sasaran.

Usai water break, Timnas U-17 diserang melalui sisi kanan pertahanan. Pemain Panama, Juan Hall terpaksa harus dilanggar sehingga menciptakan tendangan bebas.

Di sisa satu menit terakhir babak pertama, Indonesia mencoba membangun serangan dari belakang. Sampai pada sisi kanan pertahanan Panama, bola yang ingin diumpan oleh Habil Akbar justru keluar lapangan.

Indonesia harus kebobolan di menit ke-45+3.

Gol terjadi dari kapten skuad Garuda, Iqbal Gwijangge yang melakukan passing jatuh tepat ke kaki Oldemar Castillo.

Castillo mampu melewati 3 pemain hingga masuk ke kotak penalti Indonesia, bola tersebut disontek dan masuk. Panama unggul 0-1 hingga akhir babak pertama.

Melihat kondisi tertinggal 0-1, Indonesia melakukan pergantian pemain. Amar Brkick dan Nabil Asyura masuk menggantikan Jehan Pahlevi dan Kafiatur Rizky di babak kedua.

Kali ini Indonesia yang tampil menyerang, namun pertahanan Panama U-17 juga masih terlalu kuat untuk bisa ditembus.

Indonesia berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-54.

Arkhan Kaka kembali menjadi pencetak gol untuk Indonesia. Sundulannya mampu menjebol gawang Manuel Romero, memanfaatkan umpan silang Welber Jardim.

Tidak puas dengan hasil imbang, Indonesia kembali mendapatkan peluang emasnya. Namun tendangan dari Arkhan Kaka masih bisa diantisipasi oleh penjaga gawang Panama U-17.

Pada menit ke-74, Afrisal harus mendapatkan kartu kuning setelah mendorong pemain Panama, Anel Ryce di area pertahanan Indonesia. Freekick untuk Panama, hanya menciptakan tendangan gawang untuk Indonesia.

Water break kembali dilakukan di menit ke- 75.

Kemelut terjadi di depan gawang Panama di menit-82, setelah sepak pojok dari Indonesia jatuh tepat di kaki Iqbal. Namun tendangannya masih terlalu lemah sehingga bisa diamankan oleh Romero.

Tidak berselang lama, Panama mendapatkan peluangnya di menit ke-86. Indonesia masih beruntung, sundulan dari Rios masih membentur mistar gawang Indonesia.

Sampai akhir tambahan waktu 8 menit di babak kedua tidak ada gol yang tercipta. Laga Indonesia vs Panama berakhir imbang dengan skor 1-1.

Hasil ini membuat Indonesia harus setia di posisi 3 grup A dengan 2 poin, sedangkan Panama masih menjadi juru kunci di posisi 4 dengan 1 poin. (cal)

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-17 (4-3-3): Ikram Al Giffari; Rizdjar Nurviat, Sulthan Zaky, Iqbal Gwijangge, Welber Jardim; Figo Dennis, Kafiatur Rizky, Ji Da Bin; Riski Afrisal, Arkhan Kaka, Amar Brkic. Pelatih: Bima Sakti.

Timnas Panama U-17 (4-3-3): Manuel Romero; Martin Krug, Jurel Nereida, Erick Diaz; Juan Hall, Anel Ryce, Eric Moreno, Oldemar Castillo, Jael Pierre; Kevin Walder, Hector Ros. Pelatih: Mike Stump.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: