Dispar Kukar Berikan Bantuan Sapras untuk Desa Wisata

Dispar Kukar Berikan Bantuan Sapras untuk Desa Wisata

Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadi Raharjo.-(ist)-


--

Kukar, NOMORSATUKALTIM - Beberapa desa wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mendapatkan bantuan sarana dan prasarana (Sapras) dari Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar. 

Bantuan ini diberikan untuk membantu pengembangan objek wisata di desa-desa tersebut.

Kepala Dispar Kukar Slamet Hadi Raharjo, menjelaskan bahwa bantuan Sapras diberikan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang telah mengembangkan potensi wisata di desanya. 

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh Pokdarwis, seperti keaktifan di lapangan dan laporan bulanan.

“Kami berikan bantuan sesuai dengan permohonan dan verifikasi yang kami lakukan. Kami lihat apa yang dibutuhkan dan apa yang bisa dikembangkan di desa wisata tersebut,” kata Slamet, Selasa (31/10/2023).

Salah satu bantuan Sapras yang diberikan adalah penginapan. 

Slamet mengatakan bahwa penginapan ini sangat penting untuk menunjang objek wisata yang memiliki daya tarik menginap di lokasi. 

Beberapa desa yang mendapatkan bantuan penginapan adalah Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu dan Desa Kersik Kecamatan Marang Kayu.

“Kami ingin objek wisata di desa wisata ini bisa menarik wisatawan untuk menginap di sana. Dengan begitu, mereka bisa merasakan keunikan dan kearifan lokal desa. Ini juga akan meningkatkan perekonomian dan PADes,” ujar Slamet. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: