Kaltim Bakal Miliki Sport Science 2024

Kaltim Bakal Miliki Sport Science 2024

--

 



Samarinda, nomorsatukaltim.disway.id - Provinsi Kalimantan Timur tahun 2024 mendatang bakal memiliki sport science. Sport Science sendiri merupakan salah satu prorgram mendeteksi bakat dan kemampuan atlet-atlet berbakat yang ada di Kaltim. Nantinya selain mendeteksi kemampuan fisik, juga dapat mendeteksi kemampuan secara ilmu.

Kepala Sekretariat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Kaltim, Zairin Zain belum lama ini. Menurutnya, ia akan mengusulkan pengadaan sport science ini ke gubernur pada tahun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024 nanti. Karena, saat ini baru empat daerah yang memiliki sport science, Surabaya, Jogjakarya, Bandung dan Semarang.

"Mudah-mudahan kalau disetujui dan alat ini ada, maka persiapan kita lengkap. Jadi, satu-satunya di Kaltim, dan semua daerah boleh kirim ke Samarinda. Karena tiap daerah kan punya potensi," ujarnya.



Sport science sendiri merupakan penerapan berbagai ilmu pengetahuan yang bisa mengukur kemampuan dan potensi seorang atlet. Terdiri dari ilmu kepelatihan, biomekanika, motor control dan motor development. Termasuk ilmu psikologis, ukuran asupan nutrisi dan lain-lain.

"Dengan sport science, bisa diketahui keunggulan dan kelemahan seorang olahragawan. Jadi kita bisa tentukan, anak ini minatnya kemana, bisa diarahakn," jelasnya.

Ia mencontohkan di cabang olahraga (cabor) bulu tangkis. Saat seorang pemain dites melalui sport science, dengan postur tubuh yang tinggi,namun ternyata secara power indikatornya lemah. Apabila ini dipaksakan, maka bisa dipastikan bakal sulit untuk bersaing.

Pengadaan sport science disebut Zairin sangat penting, agar pembinaan pada anak usia dini yang dilakukan tidak sia-sia. Ia berharap hal ini bisa terealisasi secepat mungkin. Sehingga bisa berkolaborasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim sebagai pemangku kebijakan keolahragaan Benua Etam. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: