Revitalisasi Pasar Klandasan Balikpapan Sudah 60 Persen

Revitalisasi Pasar Klandasan Balikpapan Sudah 60 Persen

Progres revitalisasi Pasr Klandasan Balikpapan.-istimewa-

Balikpapan, nomorsatukaltim -  Revitalisasi Pasar Klandasan terutama pada pekerjaan blok A dan B sudah 60 persen. Saat ini prosesnya adalah pemasangan dinding bata dan bagian atas pasar. Hal demikian disampaikan Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Balikpapan, Haemusri.

"Kami berharap pertengahan Desember 2023 ini pengerjaan revitalisasi pasar Klandasan selesai, karena kontrak kerjanya hanya 150 hari kerja," ujar Haemusri melalui sambungan telepon, Rabu (1/11/2023).

 

Menurutnya, anggaran revitalisasi pasar Klandasan blok A senilai Rp3,8 miliar. Biaya itu diperoleh dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023. Sementara blok B sendiri, merupakan bantuan keuangan dari Provinsi sebesar Rp8,6 miliar.

 

"Setelah revitalisasi Pasar Klandasan selesai, pihaknya akan melakukan undian kepada para pedagang untuk menempati kios-kios yang ada di pasar itu," ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Haemusri menjelaskan, nantinya pasar kering dan basah akan satu lokasi, namun berbeda area. Sehingga tidak lagi seperti dulu ada yang di atas dan di bawah.

 

"Jadi antara pasar kering dan basah itu bisa kelihatan, sehingga memudahkan para warga yang ingin berbelanja," kata Kepala Disdag itu.

 

Nantinya, sambung Haemusri, Pasar Klandasan yang baru ini tempatnya akan terbuka. Selain itu, warga juga akan mendapat kenyamanan saat berbelanja. karena dapat bertransaksi di satu tempat.

 

"Jadi untuk pasar kering, seperti penjual sayur, telur dan lain sebagai ada di sebelah kanan. Sedangkan untuk pasar basah, seperti penjual Ikan, ayam, daging dan lain sebagainya ada di bagian sebelah kiri, saat memasuki pasar," imbuhnya.

 

Haemusri menambahkan pula bahwa untuk jumlah kios yang ada di blok A sebanyak 99 kios, kemudian untuk blok B sebanyak 165 kios.

 

"Rencananya Wali Kota Balikpapan akan me-launching pasar Klandasan pada Febuari 2024 dalam rangkaian HUT Kota Balikpapan," tutup Haemusri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: