Pemkot Balikpapan Siapkan Rp30 Miliar untuk SMP Baru di Manggar

Pemkot Balikpapan Siapkan Rp30 Miliar untuk SMP Baru di Manggar

Ilustrasi pelajar SMP-Antara-

Balikpapan, NOMORSATUKALTIM – Anggaran Rp30 miliar dipersiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan untuk pembangunan sekolah menengah pertama (SMP) baru di Kecamatan Balikpapan Timur.

Lokasinya dipilih di Manggar Baru, untuk mendekatkan layanan pendidikan bagi anak-anak nelayan di kawasan timur Kota Minyak.

“Ini sekolah untuk anak-anak nelayan di situ. Biar mereka tidak jauh-jauh sekolah,” kata anggota Komisi IV DPRD Balikpapan, Suryani dikutip dari Antara, Minggu (22/10/2023).

Lahannya menggunakan tanah milik Pemkot seluas 2 hektare, di RT 21 Perumahan BTN Manggar Baru.

Suryani yakin sekolah baru ini akan mengatasi over kapasitas siswa SMP yang menjadi masalah tahunan di Kota Balikpapan.

Setiap tahun, warga Manggar Baru kesulitan mencarikan sekolah untuk anak-anaknya, terutama di tingkat sekolah menengah pertama.

Melalui rencana penganunan SMP ini, sejumlah masalah lain diharapkan ikut teratasi. Seperti mengurangi biaya transportasi dan anak di bawah umur mengendarai kendaraan bermotor.

Dalam kurun 2022-2023, Pemkot Balikpapan telah membangun tiga sekolah. Yakni, SMPN 24 di Balikpapan Utara, SMPN 25 di Pemukiman Atas Air Balikpapan Barat, dan SMP Terpadu di Balikpapan Selatan.

SMPN 24 memiliki 8 ruang kelas dan SMPN 25 mempunyai 18 ruang kelas.

Ada pun sekolah terpadu masih dalam tahap pembangunan sejak tahun 2022. Sekolah terpadu adalah gabungan dua tingkatan sekolah, yaitu SD dan SMP.

“Sekolah Terpadu itu kami targetkan selesai pada akhir tahun 2023,” terang Kadisdikbud Balikpapan, Irvan Taufik.

Tahun depan, Pemkot juga merencanakan pembangunan SMP di kawasan Balikpapan Tengah.

Selain itu, Pemkot Balikpapan juga memiliki sejumlah program prioritas di bidang pendidikan. Di antaranya, seragam sekolah gratis, beasiswa, peningkatan kesejahteraan guru dan peningkatan kualitas pembelajaran.

Pemkot Balikpapan berharap, melalui berbagai program tersebut, kualitas pendidikan di Kota Balikpapan dapat terus meningkat.

“Kami berkomitmen untuk mewujudkan generasi penerus yang berkualitas dan berdaya saing,” kata Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud di berbagai kesempatan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara