Survei UMM: Suara NU Besar ke Cak Imin atau Mahfud?

Survei UMM: Suara NU Besar ke Cak Imin atau Mahfud?

Mahfud Md dan Cak Imin.--

NOMORSATUKALTIM – Dua cawapres berasal dari kalangan NU, yakni Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Mahfud Md. Cak imin dipasangkan dengan Anies Baswedan yang diusung NasDem, PKB dan PKS. Adapun Mahfud Md diusung PDIP, PPP, Hanura dan PSI.

Dua cawapres asal NU ini akan menjadi perebutan suara NU di Jatim. Lantas suara Nahdiyin atau warga NU lebih condong kemana? Mengacu hasil survei Pusat Studi Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM, warga NU di Jatim lebih cenderung memilih Mahfud Md dibanding Cak Imin.

Hasil survei itu, sebagaimana dikutip pada Kamis (19/10/2023), menunjukan warga NU cenderung memilih Mahfud Md dengan prosentase 19,5%. Adapun suara untuk Cak Imin sekitar 10,7%.

Survei Pusat Studi Ilmu Politik UMM melibatkan 1.000 responden yang tersebar di 100 kelurahan atau 36 Kota/Kabupaten di Jatim. Survei dilakukan sebulan penuh selama September 2023 dengan sampling error kurang lebih 3,1 persen.

Pengamat Politik UMM Ruli Inayah Ramadhoan mengatakan keunggulan Mahfud Md atas Cak Imin tidak hanya pada pemilih warga NU, melainkan pada hasil survei elektabilitas secara umum di Jatim.

Bahkan Mahfud Md juga mengalahkan elektabilitas Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa serta sejumlah nama kandidat cawapres lainnya.

Trend elektabilitas Mahfud Md ada di posisi pertama sebagai cawapres favorit di Jatim, dengan 19,4%, disusul posisi kedua Khofifah dengan perolehan 14,5%, dan urutan ketiga Ridwan Kamil 11,1%.

Sedangkan untuk urutan keempat Sandiaga Uno dengan angka 10,9%. Selanjutnya Muhaimin Iskandar di posisi kelima dengan perolehan 10,9%, Erick Thohir 10,9%, dan Gibran Rakabuming 4,2%.

Mahfud Md berada di posisi unggul dibanding Cak Imin. Untuk mampu menyetarai elektabilitas Mahfud Md, Cak Imin harus melewati Khofifah dulu.

“Artinya kalau dari Jawa Timur diurutkan, sesuai hasil survei ada nama Mahfud Md, Khofifah, baru Cak Imin," ungkapnya.

Hasil survei UMM juga menunjukkan Mahfud Md unggul di Arek, Mataraman, dan Pantura. Sedangkan Cak Imin hanya unggul di wilayah Madura, begitu juga dengan Khofifah unggul di wilayah Tapal Kuda.

Adapun jumlah Daftar Pemilih Tetap atau DPT di Jatim menempati urutan kedua nasional setelah Jawa Barat. Jumlah pemilih di Jatim sebanyak 31.402.838 atau 20 persen dari pemilih nasional. Jatim memang menjadi wilayah rebutan untuk dibidik meraup suara tiap ajang Pilpres. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: