Stadion Gentung Temiang Jadi Markas Paser United, Pemkab Beri Lampu Hijau

Stadion Gentung Temiang Jadi Markas Paser United, Pemkab Beri Lampu Hijau

Stadion Gentung Temiang ini bakal menjadi home base Paser United melakoni kompetisi Liga 3 Regional Kaltim musim 2023-2024.-(Disway/Achmad Syamsir Awal)-

Paser, NOMORSATUKALTIM - Mengarungi kompetisi Liga 3 Regional Kalimantan Timur musim 2023/2024, Paser United memastikan Stadion Gentung Temiang sebagai home base. Hal ini juga telah mendapat lampu hijau dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser.

"Secara resmi yang kita pinjam ke pemerintah daerah Stadion Gentung Temiang," kata Ketua Askab PSSI Paser, Syahdan, Senin (9/10/2023).

Nantinya sebelum digunakan untuk kesebelasan yang dijuluki Laskar Segentar Bumi, lebih dulu dilakukan verifikasi kelayakan oleh Asprov PSSI Kaltim.

Dengan dipinjamkannya Stadion Gentung Temiang menjadi home base, dikatakannya, menjadi salah satu bentuk kepedulian Pemkab Paser akan sepakbola.

"Kami berharap stadion (Gentung Temiang) ini ke depannya lebih layak lagi. Ya, mudah-mudahan nantinya dapat digunakan untuk main malam, bukan hanya sore," harap Syahdan.

Sekadar diketahui, Stadion Gentung Temiang yang berlokasi di Jalan Kesuma Bangsa Kilometer 5 Kecamatan Tanah Grogot ini, dibangun sejak 2013 lalu, dan rampung pada 2015. Namun pemanfaatannya baru sekira setahun terakhir.

Pasalnya, di Kabupaten Paser selain Stadion Gentung Temiang juga ada Stadion Sadurengas. Nama terakhir ini intens digunakan untuk berbagai gelaran, baik tingkat kabupaten maupun Provinsi Kaltim.

Stadion Gentung Temiang baru mulai dimanfaatkan setahun terakhir karena belum ada prosesi penyerahan aset dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) ke Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser. Hal ini disinyalir menjadi kendala pemanfaatan stadion tersebut.

Terlebih jika menyangkut tanggung jawab pemeliharaan ke depannya.

Dikonfirmasi mengenai hal itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disporapar Kabupaten Paser, Arief Rahman mengatakan, penyerahan telah dilakukan sekira September lalu.

"Dalam hal ini secara resmi sudah diserahkan ke Disporapar selaku pengguna barang untuk memanfaatkannya lebih lanjut," ucap Arief, sapaan karibnya.

Alasan memilih Stadion Gentung Temiang untuk kandang Paser United, karena saat ini Stadion Sadurengas di Desa Tapis, Kecamatan Tanah Grogot sedang dilakukan perawatan atau pemeliharaan untuk gelaran Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) November mendatang.

Disinggung perihal sewa stadion yang kerap dilakukan klub profesional, Arief menuturkan, sejauh ini belum ada pembahasan untuk pola tersebut.

Katanya, Pemkab Paser masih sebatas meminjamkan kepada Paser United. Namun tak menutup kemungkinan ke depannya diberlakukan sewa, tentunya lebih dulu dilakukan kajian.

"Sampai saat ini belum ke arah sana (sistem sewa), silakan dimanfaatkan dulu. Nanti seperti apa, masih kita carikan polanya," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: