Pembangunan Kios Cendera Mata di Kecamatan Pulau Derawan Diprotes Pedagang

Pembangunan Kios Cendera Mata di Kecamatan Pulau Derawan Diprotes Pedagang

Pembangunan kios cendera mata di Dermaga Sidayang Kampung Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan ini, diprotes lantaran menutupi akses pedagang. -Disway Kaltim-

Berau, nomorsatukaltim- Pembangunan kios cendera mata di pintu masuk Dermaga Sidayang Kampung Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan yang menelan anggaran Rp 1 miliar, dinilai menghambat pemilik usaha yang berjualan di kawasan tersebut.

Kios cendera mata yang dibangun menggunakan dana alokasi khusus (DAK) fisik pariwisata tahun anggaran 2023, itu menutupi beberapa kios pedagang setempat.

"Dampaknya cukup besar. Yang biasanya per hari bisa mencapai Rp 1 juta, sekarang cuma sekitar Rp 300 (ribu)-an saja," ujar Andi, pedagang di daerah itu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau (Disbudpar), Ilyas Natsir yang dikonfirmasi, mengaku sebelum pembangunan kios cendera mata dilakukan, pihaknya telah melakukan koordinasi kepada masyarakat setempat, khususnya para pedagang yang berjualan di kawasan tersebut, dan telah disetujui.

Pihaknya akan menyediakan tempat baru bagi para pedagang yang berjualan di kawasan tersebut.

"Kami selesaikan pembangunan (kios cendera mata) ini dulu. Setelah itu, baru kami buatkan tempat baru khusus para pedagang yang berjualan di daerah tersebut," kata Ilyas.

Pembangunan kios cendera mata sudah berjalan sejak 18 Juli 2023, dan ditargetkan selesai pada 15 Oktober mendatang. (*)

Reporter: Sahruddin

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nosakaltara.com