Ritual Mengulur Naga Jadi Agenda Pamungkas Festival Sekerat Nusantara

Ritual Mengulur Naga Jadi Agenda Pamungkas Festival Sekerat Nusantara

Kutim, nomorsatukaltim.com – Ritual adat Mengulur Naga menjadi agenda pemungkas dari Festival Sekerat Nusantara (FSN) di Kecamatan Bengalon.

Ritual Mengulur Naga tersebut digelar di Pendopo Pantai Sekerat, Kecamatan Bengalon, Sabtu (29/7/2023).

Bupati Ardiansyah Sulaiman menjadi tamu kehormatan dan langsung disambut oleh masyarakat Sekerat. Ia digiring menuju ke pendopo pantai setelah itu dilakukan prosesi adat.

Rangkaian acara dimulai dari prosesi pembacaan sejarah Mengulur Naga. Kemudian Bupati Ardiansyah Sulaiman naik ke atas perahu diikuti dengan Kepala Desa Sekerat, Sunan Dhika. Lalu perahu yang kedua ditumpangi oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kutim, Nurullah.

Selanjutnya, perahu diulur untuk menuju ke pantai. Prosesi Mengulur Naga melewati kain kuning.

Setelah selesai acara Mengulur Naga, masyarakat ikut mengambil kain pembungkus perahu naga yang merupakan bagian dari prosesi adat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman yang mengenakan pakain adat Kutai sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Selanjutnya, ia menambahkan tidak kalah penting kegiatan ini digelar berada di garis pantai berbatasan dengan Selat Makassar.

“Saya berterima kasih menyampaikan pesan sultan. Ini tantangan Kutim. Ke depan lebih semarak lagi Eraunya. Alhamdulillah kegiatan ini bersanding dengan Dispar dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) mampu mengemas dengan baik sehingga menjadi jadi daya tarik tersendiri,” imbuhnya. (*/adv/kutim23_kominfo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: