Blackopi Pupuk Asa Lewat “Kita Harus Bangkit”

Blackopi Pupuk Asa Lewat “Kita Harus Bangkit”

Balikpapan, nomorsatukaltim.com - Tantangan perbaikan ekonomi di masa pandemi, turut dirasakan para pegiat seni di Kota Beriman. Blackopi, merekam kesulitan itu dan dirangkum lewat sebuah lagu pembangkit asa berjudul Kita Harus Bangkit.

Musisi adalah satu di antara profesi yang terdampak kebijakan pembatas. Hampir tidak ada ruang bagi musisi untuk beraksi selama dua tahun belakangan. Lantaran kegiatan yang berkaitan dengan industri hiburan, contohnya Event Organizer (EO) maupun Wedding Organizer (WO) masih dinilai paling berpotensi menyebabkan kerumunan massa dan  penyebaran virus corona.

Namun sebagian musisi yang tergabung dalam Blackopi Band, tidak mau tinggal diam. Melalui single berjudul Kita Harus Bangkit, mereka mencoba menyemangati masyarakat Kota Balikpapan untuk bersama-sama bangkit dan mendorong agar kegiatan perekonomian kembali berputar seperti sedia kala.

"Jadi kami berkaca dari pengalaman para pengusaha. Hal yang sama juga kami rasakan, kok," ujar Nuay, sang lead guitarist Blackopi, sesaat sebelum launching hit single Kita Harus Bangkit, di ADM Coffe, Jalan Manunggal, Damai, Balikpapan Kota, belum lama ini.

Menurutnya sebagai pegiat seni, Nuay berusaha merekam kondisi sosial ekonomi secara faktual dan merumuskan formula yang tepat untuk menggambarkan kondisi tersebut. Namun dari sudut pandang yang positif.

"Karena harapan kami agar para pelaku usaha dan para penggerak ekonomi sampai para pemangku kebijakan bisa bersama-sama bergandengan tangan untuk bangkit dalam situasi saat ini," terangnya.

Nuay mengaku, dampak paling terasa bagi para musisi lokal justru pada awal pandemi pada 2020 lalu. Saat itu seluruh aktivitas panggung sama sekali berhenti total.

"Jadi saat itu kita semua down. Namun pada saat itu pula kita semakin kreatif dan bahkan bisa menciptakan lagu ini," tukasnya. 

Dalam video klip Kita Harus Bangkit yang sudah lebih dulu dipublikasi di kanal Youtube ADM Entertainment, memperlihatkan kondisi masyarakat yang saling menyemangati agar bisa kembali berusaha seperti dulu. Bahkan video klip berdurasi 4 menit 4 detik tersebut, juga menghadirkan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud juga ikut ambil bagian dalam beberapa skena di video klip tersebut.

"Kami merasa sangat terhormat, bahwa Pak Wali dengan rendah hati, bisa hadir dalam video klip kami," ujar Nico, sang vokalis Blackopi. Diamini bassis Blackopi Kholiq dan Nonon, sang drummer.

Nico menyebut, selain untuk menyemangati masyarakat yang saat ini terdampak pandemi, Blackopi juga akan terus berusaha menyuguhkan karya-karya seni yang lainnya dan berharap dapat menjadi oase hiburan di tengah tantangan pandemi yang masih berlangsung sampai saat ini.

"Ya kita berusaha menghibur orang. Ada banyak lagu kami yang lain yang mungkin relate dengan kehidupan, asmara dan kisah romantisme anak muda Balikpapan, ya," ungkapnya.

Adapun penampilan Blackopi pada saat peluncuran lagu barunya, benar-benar bisa memuaskan dahaga para penikmat musik rock yang sudah sekian lama tidak bisa nonton konser musik secara langsung selama masa pandemi. Backopi Band mampu mentransfer energi positif melalui lirik lagu dan komposisi musiknya itu sendiri.

Sejalan dengan launching tersebut, pihak ADM Entertainment yang menaungi Blackopi Band juga bakal meluncurkan single Kita Harus Bangkit melalui aplikasi streaming musik seperti Spotify, Joox dan lainnya, sehingga bisa menjangkau pendengar lebih luas, khususnya masyarakat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: