PPU Bakal Punya Tol, Udah Tahu Belum?

PPU Bakal Punya Tol, Udah Tahu Belum?

"Jelas sudah ada. Mulai dari Samarinda ke IKN ada jalan tol, dari Balikpapan juga. Dari Paser, bahkan dari Kalsel dan Kalteng juga begitu," ucapnya.

Keyakinan itu berdasarkan penuturan Presiden Joko Widodo dalam banyak kesempatan yang ia ikuti. "Untuk mempermudah akses ke IKN, ya salah satunya dengan membangun jalan tol," katanya.

Meskipun hingga saat ini pemerintah daerah belum sama sekali dilibatkan. Tapi nanti, tandasnya, pasti bakal diikutsertakan. Ya, minimalnya soal persiapan pembebasan lahan.

"Tahapannya tentu menunggu IKN dulu. Kalau sudah jelas ditetapkan, berikutnya baru infrastruktur pendukungnya," kata Jhon.

Kepastian itu juga diyakini Ketua Komisi II DPRD PPU Wakidi. Ia bahkan sudah mendengar langsung adanya rencana itu. Dirinya pernah diminta untuk menjadi supervisor IKN beberapa waktu lalu. Untuk memberikan masukan rencana RTRW untuk IKN.

Ada berbagai rencana saat itu terungkap. Pembangunan jalan tol ke IKN dari arah utara, juga selatan.

"Setahu saya jalan tol itu sudah masuk dalam rencana pusat. Ada yang melewati dekat Pulau Balang, ada juga yang melewati Babulu," sebutnya.

Kata Pemerintah

KEPALA Bagian Pembangunan Setkab PPU Nicko Herlambang membenarkan informasi itu. Dari semua rencana pembangunan jalan tol itu, bisa disebut yang paling dekat ialah jalan tol dari arah Balikpapan. Tepatnya dari Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan ke wilayah IKN baru.

"Itu sudah direncanakan Pemerintah Pusat. Pak Jokowi juga sudah menyebutnya keinginannya, agar akses IKN baru ke bandara harus bisa ditempuh kurang dari 1 jam," ujarnya.

Bahkan, orang nomor satu di republik ini sudah pernah datang langsung. Untum mengkaji bakal jalur yang akan digunakan pada Agustus lalu.

Kala itu, Jokowi meninjau langsung sodetan aksen jalan menuju rencana IKN baru. Dalam tinjauannya itu, ia didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Titik sodetan tersebut diperkirakan berjarak sekitar 37 km dari Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Tepatnya sekira kilometer 14. Nicko menyebutkan, sodetan itu ada di sekitaran Jembatan Pulau Balang.

"Jadi nanti juga akan ada jembatan baru, khusus untuk tol itu," sebutnya. Sementara, jarak dari sodetan itu ke kawasan IKN baru sekira 40 kilometer.

Selanjutnya ialah jalan tol dari arah selatan. Akses ini menjadi jalan baru berkonsep tol yang mengarah langsung dari Kalsel menuju Kaltim.

"Selain jalan yang ada saat ini, ada wacana jalan tol. Cuma belum diketahui posisinya di mana. Apa sejajar dengan jalan sekarang ini. Atau justru langsung mengarah ke IKN," beber Nicko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: