Rekonstruksi Pengeroyokan Digelar, Pelaku Utama Masih Buron

Rekonstruksi Pengeroyokan Digelar, Pelaku Utama Masih Buron

SAMARINDA, nomorsatukaltim.com - Polsek Samarinda Kota menggelar rekonstruksi kasus pengeroyokan yang mengakibatkan hilangnya nyawa Jumriansyah (39). Peristiwa itu terjadi di Jalan Ahmad Dahlan, Kecamatan Samarinda Kota, Minggu (27/6/2021) dini hari lalu.

Seperti diketahui, setelah berhasil menangkap dua orang pelaku pengeroyokan, polisi langsung melakukan proses pemberkasan terhadap yang bersangkutan. Kendati sebanyak enam diduga pelaku pengeroyokan lainnya, masih dalam proses pengerjaan Korps Bhayangkara.

Untuk melengkapi berkas perkara kedua tersangka, Polsek Samarinda Kota menggelar rekonstruksi pengeroyokan tersebut di halaman Mapolsek Samarinda Kota, Jumat (30/7/2021).

"Kami baru saja melangsungkan rekonstruksi kasus pengeroyokan hingga mengakibatkan korban meninggal dunia dengan pasal 338 junto 55," terang Wakapolsek Samarinda Kota AKP Tawang, ketika dikonfirmasi usai rekonstruksi.

Dari pantauan media ini, total ada 28 adegan yang diperagakan oleh kedua tersangka berinisial SD dan DN. Dimulai dari pihak tersangka, sebanyak delapan orang saat itu sedang berkumpul. Tiba-tiba didatangi oleh korban. Tepatnya di Gang Bakti, Jalan Lambung Mangkurat.

Seperti yang telah disampaikan Kanit Jatanras Satreskrim Polresta Samarinda Ipda Dovie Eudy di kesempatan sebelumnya. Kedatangan korban saat itu hendak membeli narkoba jenis sabu. Namun jumlah uang untuk melakukan transaksi ternyata kurang, alhasil sabu tak didapatkan korban.

Korban yang kala itu sudah dalam keadaan mabuk usai menenggak minuman keras di tempat hiburan malam, lantas mengamuk dan menyerang kelompok pihak dari kedua tersangka dengan menggunakan senjata tajam. Korban yang mengamuk, kala itu melukai salah seorang di sana.

Kedua tersangka beserta enam orang lainnya, lantas membalas perbuatan korban. Dengan berbekal balok dan senjata tajam, korban balik diserang. Sadar karena kalah jumlah, korban pun berlari. Aksi kejar-kejaran ini pun berlangsung dari Jalan Lambung Mangkurat hingga di Jalan Ahmad Dahlan.

Korban yang terjatuh kemudian dikeroyok secara membabi-buta oleh ke delapan orang tersebut. Diketahui mereka menganiaya korban dengan menggunakan benda tumpul berupa balok dan batu. Akibat menerima hantaman itu, korban tewas di tempat dengan keadaan bersimbah darah. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 05.00 Wita.

"Jadi, pelakunya ini ada delapan orang. Dua sudah diamankan, enam orang lagi masih dalam pengejaran pihak kami. Total ada 28 reka adegan, dari awal sampai hingga akhirnya korban ini meninggal dunia, yang diperankan oleh pelaku, dan apa saja peran yang mereka lakukan," terangnya. 

28 Adegan Rekonstruksi Pengeroyokan
Sebanyak 28 adegan diperagakan dalam rekonstruksi kasus pengeroyokan hingga menyebabkan seorang warga Samarinda Seberang meregang nyawa. Rekonstruksi ini digelar di halaman Mapolsek Samarinda Seberang. (Arditya Abdul Azis/Nomor Satu Kaltim)

Selang beberapa jam dari aksi pengeroyokan itu, tim gabungan dari Unit Reskrim Polsek Samarinda Kota bersama Jatanras Polresta Samarinda, berhasil meringkus SD dan DN. Sedangkan pelaku yang berjumlah enam orang lainnya, masih dalam pengejaran, satu di antaranya merupakan pelaku utama. 

Disampaikan, dua pelaku yang ditangkap ini bukan sebagai pelaku utama, dan tak terlibat langsung dalam perselisihan tersebut. Kuasa hukum kedua pelaku, Nurita ketika dikonfirmasi usai rekonstruksi menyampaikan, tidak mengetahui pasti kronologis kejadian.

Sejauh ini dirinya hanya mengetahui bahwa saat itu mereka sedang kumpul, lalu didatangi korban datang hingga akhirnya terjadi keributan.

"Ya, kemungkinan karena korban ini hendak membeli sabu, ternyata tidak membayar dan sempat menunjukkan badik, mereka marah, ya atau pelaku ini mabuk atau seperti apa. Awalnya, sih karena itu, makanya mereka emosi," ungkapnya. 

"Jadi, kalau dilihat tidak ada unsur perencanaannya, dan mereka ada yang habis salat Subuh dan berkumpul di TKP (tempat kejadian perkara). Tiba-tiba datang korban menunjukkan badiknya mengarahkan ke mereka, dan sempat merusak barang-barang yang dia lewati di Gang Bakti," sambungnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: