Baznas Balikpapan Targetkan Perolehan Zakat Rp 4,8 Miliar

Baznas Balikpapan Targetkan Perolehan Zakat Rp 4,8 Miliar

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Pandemi COVID-19 ternyata belum berpengaruh kepada penghimpunan zakat di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Balikpapan.

Hingga Semester I tahun 2021 ini, perolehannya sudah sebesar Rp 2,39 miliar. Angka tersebut hampir sama dengan capaian tahun sebelumnya, kendati kini menjadi tahun kedua pandemi.

Tahun ini ditargetkan penghimpunan dana yang masuk sebesar Rp 4,8 miliar. Sama dengan target tahun lalu. Ketua Baznas Balikpapan, Sarjono sendiri meyakini jika pandemi tidak begitu memengaruhi perolehan zakat. “Tahun lalu perolehan non PNS meningkat. Baznas tidak membuka gerai karena kondisi pandemi. Hanya satu gerai di kawasan kilometer 3 Soekarno-Hatta, sisanya dibuka melalui online,” kata Sarjono kepada Harian Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com, akhir pekan lalu. Menurut Sarjono, perolehan zakat didominasi PNS di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan. Sedangkan sisanya non PNS. Adapun perolehan terbesar pada bulan Ramadan. “Bulan Ramadan itu dua bulan. Perolehannya bisa mencapai Rp 1 miliar. Sekitar 25 persen kontribusinya,” tuturnya. Baznas sendiri punya empat program penyaluran zakat. Yaitu bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan kemanusiaan dan dakwah. “Penyaluran tentu sesuai aturannya. Ada yang sifatnya pendistribusian dan pemberdayaan. Pendistribusian maksudnya konsumtif untuk bulanan. Untuk mereka setiap bulanan keperluan makan. Seperti orang tua, orang duafa dan lainnya,” sebutnya. Ada juga penyaluran yang produktif. Yaitu pengembangan usaha rumahan. Dia mencontohkan pada pandemi ini ada karyawan yang terkena PHK. Kemudian isterinya diberikan bantuan usaha rumahan. “Selama pandemi banyak juga kita memberikan yang sifatnya produktif karena ada yang PHK, isterinya perlu usaha untuk dikembangkan atau usaha rumahan,” ujar dia. (fey/dah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: