Jelang Pelantikan RI 1, Pangdam VI/Mlw: Kaltim Siaga Satu

Jelang Pelantikan RI 1, Pangdam VI/Mlw: Kaltim Siaga Satu

Pangdam VI/Mlw dan Kapolda Kaltim ikut terjun dalam Patroli Cipta Kondisi, jelang pelantikan RI 1. (Andri/Diswaykaltim)

Balikpapan, Diswaykaltim.com - Pangdam VI Mulawarman Mayjend TNI Subiyanto, mengatakan untuk membantu pengamanan pelantikan RI 1.

TNI khusus di Kaltim mengerahkan personel sebanyak 2.140 orang. "Kita status siaga 1 sampai Senin (21/10/2019) atau H-1 dan H+1," jelas Pangdam, Sabtu, (19/10/2019) malam.

Ia berharap kondisi di Kaltim tetap aman dan damai. Khususnya menjelang pelantikan RI 1, yang dihelat Minggu, (20/10/2019).

Untuk itu, bersama Polda Kaltim, pihaknya menggelar patroli gabungan. Patroli Cipta Kondisi jelang pelantikan presiden dan wakilnya, digelar tadi malam.

Subiyanto bilang, kegiatan ini rangkaian pengamanan terakhir. Dari rangkaian Pilpres pada April lalu. "Ini rangkaian kegiatan pengamanan tahap akhir, karena sudah sampai pada pelantikannya," ujar Pangdam.

Selain TNI, Polda Kaltim ikut menerjunkan ribuan anggotanya. Jumlahnya 3.200 personsl yang tersebar di seluruh Kaltim. Para pasukan ini telah siaga sejak Sabtu pagi hingga Senin besok.

Kapolda Kaltim Irjend Pol Priyo Widyanto bersama Pangdam VI Mulawarman Mayjend TNI Subiyanto juga turun langsung. Untuk melakukan pengecekan personel gabungan TNI-Polri dimasing-masing Polsek, pada Sabtu (19/10/2019) malam.

Mereka ingin memastikan kondisi Kaltim dan Balikpapan khususnya, berjalan aman. Tanpa potensi gangguan keamanan sedikit pun.

Sebelum patroli dilakukan, seluruh personel TNI-Polri berkumpul di Polres Balikpapan. Selanjutnya menyebar ke seluruh Polsek dan Koramil di kota ini.

Sekitar pukul 20.00 Wita Kapolda Kaltim bersama Pangdam VI Mulawarman memulai patrolinya. Diawali dari tiga titik. Yakni di Polsek Balikpapan Selatan, Polsek Balikpapan Timur dan Koramil Balikpapan Barat.

"Malam ini kita melakukan Patroli Cipta Kondisi jelang pelantikan presiden dan wakilnya. Memastikan pula Kaltim dalam situasi kondusif. Kita juga memastikan seluruh anggota telah siap," ujar Kapolda Kaltim Irjend Pol Priyo Widyanto.

Saat patroli, Kapolda memastikan saat ini situasi di Kaltim dalam kondisi aman.

"Situasi terkini kita kan sudah keliling, aman dan kondusif. Untuk mendukung pelantikan dipastikan tidak ada aksi. Liburan saja lah," ujar Kapolda Kaltim.

Usai memantau kesiapan personel gabungan di tiga titik tersebut, rombongan Kapolda Kaltim dan Pangdam VI Mulawarman kembali ke Polres Balikpapan. (k/bom/rap)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: