RPJMD Kukar Diminta Fokus di 3 Sektor Prioritas

RPJMD Kukar Diminta Fokus di 3 Sektor Prioritas

Kukar, nomorsatukaltim.com- Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) diminta fokus pada tiga sektor prioritas. Yakni, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), pembangunan infrastruktur dan sektor pertanian dalam arti luas.

Hal ini disampaikan pengamat kebijakan publik sekaligus Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Unikarta, Zulkifli. Terkait sebagian wilayah Kukar bakal menjadi bagian Ibu Kota Negara (IKN) baru bersama Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

"Maka SDM dan infrastruktur jadi sangat penting, ya prioritas pembangunan di Kukar," jelas Zulkifli pada Harian Disway Kaltim, Senin (15/3/2021).

"Jangan sampai kita itu terfokus dalam hal yang tidak menunjang ketika menjadi penyangga ibu kota," timpalnya lagi.

Berbicara terkait sektor unggulan. Program pertanian menurutnya punya potensi besar. Prioritas masuk dalam RPJMD Kukar. Bahkan, bisa saja "menyenggol" keberadaan sektor tambang dan migas sebagai sumber penghidupan utama daerah.

Sektor pertanian harus menjadi prioritas dalam pembangunan di Kutai Kartanegara. Apalagi menyambut ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

Ia beranggapan, jika sektor pertanian mampu menopang kegiatan masyarakat. Ditetapkannya IKN baru di Kukar, akan semakin banyak mobilitas dan perpindahan penduduk ke Kukar. Sektor pertanian dalam arti luas inilah yang dikira mampu mencukupi kebutuhan masyarakat.

Namun pemerintahan baru, Edi Damansyah dan Rendi Solihin harus bersabar sedikit. Karena bagian RPJMD yang disusun untuk pembangunan di tahun pertama pemerintahan mereka, baru disusun setelah anggaran daerah 2021 sudah diketok.

Sehingga, tahun pertama masa jabatan mereka harus memaksimalkan apa yang ada. Dan bisa menginjak full gas di tahun depan. "Tapi dengan catatan bahwa RPJMD terfokus dengan tiga hal tadi," pungkas Zulkifli. (mrf/dah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: