Ini PR Kepala Daerah: Pandemi, Ekonomi, Aset

Ini PR Kepala Daerah: Pandemi, Ekonomi, Aset

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor mengingatkan tugas berat menanti para kepala daerah terpilih. Selain pandemi yang masih menghantui, juga tantangan pemulihan ekonomi. Pada saat bersamaan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merilis tambahan pekerjaan rumah bagi pejabat baru.

Nomorsatukaltim.com - DARI sembilan daerah yang melaksanakan Pilkada 2020, Gubernur Isran Noor, baru melantik enam kepala daerah terpilih. Tiga kepala daerah lainnya masih menunggu berakhirnya masa jabatan kepala daerah lama. 

Mengingat masih dalam kondisi pandemi COVID-19, pelantikan enam kepala daerah terpilih dilakukan dnegan du acara. Satu pejabat dilantik secara langsung, sementara lima lainnya melalui video telekonferensi.

Pelantikan langsung dilakukan terhadap Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu). Acara berlangsung di Pendopo Odah Etam Komplek Kantor Gubernur Kaltim, Jum'at (26/2). Jaringan internet di Mahakam Ulu menjadi penyebab pelantikan langsung ini.

Sedangkan kepala daerah lainnya, yakni dari Kabupaten Berau, Paser, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, dan Kota Samarinda, mengikuti pelantikan secara virtual. 

Gubernur Kaltim Isran Noor meminta kepala daerah segera bekerja. Terutama, dalam penanganan COVID-19 di daerah masing-masing.

“Kita saat ini di era pandemi COVID-19, perlu kerja sama yang lebih intensif dalam penanganannya. Sebuah tugas yang sangat mendesak, dalam melaksanakan tugas-tugas ini tentu sudah ada pedoman dan petunjuk dari pemerintah pusat,” kata Isran Noor.

Ia juga menegaskan bahwa bupati dan wali kota bukan bawahan, melainkan mitra kerja gubernur. Sehingga, para kepala daerah diharapkan dapat memberi pandangan dan masukan kepada gubernur. Dalam pelaksanaan program-program pembangunan di daerah. 

“Mari kita sama-sama memperjuangkan dan membangun daerah masing-masing dan Kaltim pada umumnya. Terus jalin kerja sama dan komunikasi serta menyelaraskan program pembangunan antara kabupaten/kota dan provinsi dengan baik,” pesannya.

Isran juga mengucapkan terima kasih kepada kepala daerah yang telah mengakhiri masa tugasnya.

Ia berharap para kepala daerah yang baru dilantik menjalankan amanah dengan baik. Dan melaksanakan tugas pemerintahan di daerah dengan penuh tanggung jawab.

"Tugas saudara berat. Tapi pengabdian ini, akan mendapatkan imbalan pahala," ujar gubernur.

USIR COVID, BANGUN INFRASTRUKTUR

Bupati Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh mengatakan penanggulangan COVID-19 menjadi prioritas kerjanya.

"Karena kita tidak bisa apa-apa kalau COVID masih meraja lela. Masyarakat tidak bisa beraktivitas, tidak bisa kerja," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: