Edukasi Tentang Inflasi sampai Kelurahan

Edukasi Tentang Inflasi sampai Kelurahan

Sosialisasi yang dilakukan di Kelurahan Graha Indah, Minggu (15/9/2019). (Fey/diswaykaltim.com)

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Sampai akhir tahun ini, Gerakan Wanita Matilda (GWM/Mandiri Terampil Berdaya) menargetkan dapat mengedukasi mengenai inflasi dan cinta rupiah pada 20 kelurahan di Kota Balikpapan.

Ketua TP PKK Balikpapan Arita Rizal Effendi mengungkapkan, GWM yang dibentuk bersama BI Balikpapan Juli lalu terus melakukan sosialisasi hingga tingkat kelurahan. Dengan sasarannya adalah perempuan ataupun ibu rumah tangga. Hal itu agar mereka mampu mengelola keuangan keluarga dan menghindari pengeluaran yang kurang diperlukan. Sehingga kesejahteraan keluarga terjamin khususnya pada pendidikan keluarga nanti.

“Akhir-akhir ini kami melakukan sosialisasi ke kelurahan-kelurahan untuk mengedukasi mengenai kebanksentralan, cara mengelola pendapatan keluarga dan bagaimana mengenai keaslian rupiah,” jelasnya di sela Sosialisasi Belanja Bijak dan Cinta Rupiah Wanita Matilda di kawasan Perumahan Taman Bukit Sari, Kelurahan Graha Indah, Minggu (15/9/2019).

Dengan sosialisasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan literasi terhadap pengelolaan keuangan keluarga. Dan dapat mendorong para perempuan untuk melakukan perencanaan yang baik.  Termasuk menentukan pengeluaran belanja agar tidak berlebihan.

“Nantinya tujuan akhirnya adalah secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap permintaan barang di pasar dan berperan dalam pengendalian inflasi,” ulasnya. Ditargetkan tahun depan 34 kelurahan sudah terjamah sosialisasi.

Dalam kegiatan ini berbagai pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah di kawasan RT 24 dan 25 Kelurahan Graha Indah juga membuka bazar. Bahkan juga disediakan mobil kas keliling oleh Bank Indonesia. Untuk warga yang ingin menukarkan uangnya dari uang pecahan besar ke kecil dan penukaran uang lusuh.

Selain itu, GWM juga melakukan penanaman bibit pohon buah-buahan bantuan Dinas Lingkungan Hidup di kawasan sekitar perumahan. Penanaman dilakukan Camat Balikpapan Utara, Fahrul Roji, Lurah Graha Indah dan Ketua TP PKK Balikpapan. (k/fey/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: