Lawan Zairin-Sarwono Menanti Jika Tetap Maju Berpasangan

Lawan Zairin-Sarwono Menanti Jika Tetap Maju Berpasangan

Budiman. (dok)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Pasangan Zairin-Sarwono tengah di atas angin. Namun tidak menjamin keduanya bakal menang pilwali tahun depan. Akademisi Fisip Unmul Budiman mengutarakan hal itu. Kata dia, setiap pasangan calon memiliki peluang yang sama. Tergantung ketokohan, elektabilitas, dan kekuatan finansial.

Syarat terakhir memang sangat dibutuhkan. Untuk setiap calon independen dan yang diusung parpol. Hanya saja syarat yang ditentukan oleh KPU membuat calon independen harus didukung finansial yang memadai.

“Mereka harus mengumpulkan puluhan ribu dukungan. Belum lagi materai 600. Itu saja sudah sangat besar dana yang dibutuhkannya,” jelas dia, Sabtu (14/9/2019) siang.

Peluang kemenangan Zairin-Sarwono di Pilwali Samarinda lanjut dia, tergolong tinggi. Terlebih Zairin pernah menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Samarinda dan birokrat sukses di beragam lembaga yang dipimpinnya.

Sedang Sarwono pernah mengemban amanah sebagai wakil rakyat di DPRD Samarinda. Sejatinya, latar belakangnya sebagai politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membuat dia memiliki pendukung fanatik.

“Kekuatan PKS itu sangat tinggi. Cuma dengan terpecahnya mereka, saya enggak yakin mereka punya peluang yang tinggi untuk menang,” katanya.

Terlepas dari kekurangannya, pasangan ini diuntungkan dan diperhitungkan publik. Alasannya  karena belum ada pasangan calon dari parpol dan jalur independen yang memiliki elektabilitas tinggi.

Lawan tandingnya kemungkinan besar Ketua DPD Partai Gerindra Kaltim Andi Harun dan Wakil Wali Kota Samarinda M Markati.

“Semua bakal calon ini sudah bergerak. Mereka start nya sama. Andi Harun sudah tampil. Sedangkan Barkati bisa memanfaatkan posisinya untuk memperlihatkan kinerjanya. Semua pasangan ini punya keunggulan dan kelebihan,” ujarnya. (qn/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: