Motor Klasik Bekas Serdadu yang Harganya Kian Tak Teradu
"Justru di akhir masa penjajahan sebelum mereka menyerah. kendaraan itu diserahkan kepada tentara kita Indonesia," kisahnya begitu antusias.
***
Soal makin banyaknya pecinta motor antik di Indonesia. Dhany memandang positif-positif saja. Namun begitu, bagi para pemula. Ia punya saran khusus. Utamanya saat berburu motor antik.
Pertama, semakin orisinil dan semakin tua motor. Makin tinggi juga harganya. Pun harga spare partnya yang juga di atas rata-rata. Sebagai gambaran, motor klasik orisinil yang terawat dan didandani dengan beberapa aksesoris tambahan. Nilainya bisa sampai rarusan juta. Seperti misalnya merk Harley, Norton, BSA, Ural650, dan beberapa merk lainnya. Maka perlu juga menyesuaikan dengan kondisi keuangan. Jangan sampai jebol di tengah jalan.
Kedua, jual beli motor klasik ini erat kaitannya dengan oknum penipu. Mangsa potensial mereka tentu pemburu motor klasik baru. Yang masih buta soal permotoran tua. Maka Dhany menyarankan agar mereka yang awam itu. Tidak membeli motor seorang diri.
“Untuk orang yang masih awam, kalau mau beli motor klasik mau tidak mau harus didampingi orang yang benar-benar tahu soal jenis motor itu,” ujarnya.
Karena nilai utama dari motor antik itu terletak pada orisinalitas barang. Semakin orisinil semakin mahal maharnya. Apalagi, saat ini semua spare-part hampir bisa diakali atau dibikin khusus. Sesuai kebutuhan. Namun untuk orang yang sudah mahfum soal motor klasik, ia akan tau mana komponen orisinil dan mana komponen baru yang asli tapi palsu itu.
“Saat membeli motor klasik memang harus dipastikan pula fitnya kondisi mesin. Bisa saja mesinnya terdengar halus tapi ternyata rombakan (modifikasi). Akan tetapi, namanya juga motor lawas. Bisa memiliki dan merawatnya saja sudah cukup puas,“ pungkasnya.
Di luar itu, Dhany bilang. Seiring tingginya antusiasme motor antik. Produsen motor mulai banyak memproduksi onderdilnya. Dan makin mudah didapatkan. Jadi untuk yang memiliki kendaraan tua dan hanya teronggok di gudang atau pojok garasi hingga karatan. Dhany menyarankan untuk segera dirawat dan didandani lagi. Karena selain untuk melestarikan aset otomotif. Harga jualnya pun waw wew wow. (frd/ava)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: