KPU Kubar Diingatkan soal Distribusi Surat Suara

KPU Kubar Diingatkan soal Distribusi Surat Suara

Kubar, nomorsatukaltim.com - Setelah bertugas selama lebih dari sebulan di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), sudah delapan dari 16 kecamatan se-Kubar yang dikunjungi oleh Pejabat sementara (Pjs) Bupati Kubar, HM Syirajudin.

Sebenarnya tugas utama diemban Pjs Bupati adalah memimpin Pemkab Kubar. Untuk mendukung kesuksesan Pilkada 2020 serta mempercepat memutus rantai penyebaran pandemi COVID-19.

“Sesuai dengan tugas utama saya monitoring evaluasi. Yaitu terkait persiapan Pilkada dan masalah pandemi COVID-19,” jelasnya usai menghadiri pemotongan tumpeng dalam perayaan HUT Ke-21 Kubar di penghujung pekan lalu, di Balai Agung Aji Tullur Jejangkat (ATJ), Kantor Bupati, Sendawar.

Kata dia, persiapan penyelenggaraannya Pilkada yang akan dihelat pada 9 Desember sudah bagus. “Alhamdulillah persiapan di delapan kecamatan cukup bagus. Hampir 90 persen,” terang Syirajudin.

Ia menyebut, distribusi logistik Pilkada Kubar 2020 harus segera diupayakan oleh penyelenggara. Pasalnya, Kubar terdiri dari 16 kecamatan.

“Tersebar di 190 kampung dan empat kelurahan. Kondisi geografisnya berbeda. Saat ini kondisi cuaca (intensitas) hujan cukup tinggi di Kubar,” beber dia.

Dikonfirmasi terpisah, terkait distribusi logistik Pilkada Kubar 2020, KPU Kubar mengaku telah menyiapkannya. Terkait kondisi geografis, sudah dalam perhitungan KPU Kubar.

“Untuk distribusi logistik akan dilaksanakan pada Desember mendatang. Biasanya setiap pemilu, untuk kertas suara akan didistribusikan tiga hari sebelum hari pelaksanaan pemilu,” urai Ketua KPU Kubar, Arkadius Hanye, Minggu (15/11).

“Ya, kalau dari sekarang kita distribusikan, kan enggak mungkin. Tidak ada penjagaan di sana (kampung dan kecamatan). Jadi, semua masalah terkait alam sudah dilakukan antisipasi,” tandas Arkadius.

Sedangkan masalah pandemi COVID-19, status Kubar yang semula orange, kini beralih ke kuning. Angka kesembuhan warga yang terpapar virus corona di kabupaten tersebut cukup tinggi.

“Persentase kesembuhan zona Kubar di atas angka nasional. Terima kasih atas kesadaran masyarakat tetap menguatkan protokol kesehatan,” ucap Syirajudin.

“Saya imbau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar bekerja tetap semangat. Tetap taat prokes. Tim Gerak Cepat (TGC) yang bertugas tetap semangat, waspada, bersama kita cegah dan putus penularan COVID-19 di Kubar,” tandas Syirajudin. (imy/qn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: