Pantai Gelora Api-Api, Indahnya Siang hingga Malam

Pantai Gelora Api-Api, Indahnya Siang hingga Malam

PPU, nomorsatukaltim.com – Penajam Paser Utara (PPU) adalah salah satu kabupaten di Kaltim yang memiliki garis pantai yang panjang. Dari luas wilayahnya yang 3.333,065 km persegi. 3.060,82 km2 di antaranya berupa perairan. Setidaknya 25.996 hektare atau 8 persen daerah berjuluk Benuo Taka ini adalah pesisir.

Selanjutnya sudah bisa ditebak. Pantai-pantai di sini kerap menjadi tujuan favorit para wisatawan. Asing maupun lokal. Apalagi pada saat musim liburan. Seperti Pantai Corong dan Pantai Tanjung Jumlai yang merupakan destinasi paling populer di PPU.

Saat libur panjang seperti Idulfitri misalnya. Kedua pantai tersebut dapat dipastikan dipenuhi manusia juga. Saking populernya.

Tapi ternyata PPU punya potensi wisata pantai lainnya. Pantai yang satu ini sangat wajib dikunjungi ketika sedang berkunjung ke PPU.

Namanya Pantai Gelora. Terletak di Desa Api-Api Kecamatan Waru. Tak jauh dari Penangkaran Rusa Api-Api. Salah satu yang jadi keunikan di pantai tersebut adalah dermaga kayu warna-warni yang menjulang ke laut. Panjangnya sampai 250 meter.

Jika biasanya kita ke pantai untuk bermain pasir dan berenang saja. Pantai Gelora menyajikan hal berbeda. Dengan dermaga kayu itu, memungkinkan kita untuk memandang laut lebih menjorok. Tanpa harus berbasah-basahan. Ya, walau kurang afdol memang kalau ke pantai tidak basah ya kan.

Selama melalui dermaga itu, pengunjung akan dikelilingi oleh mangrove jenis avecenia. Panjangnya sekira 30 meter. Dengan berdiri di dermaga itu, angin laut di pantai yang berbatasan dengan Laut Makassar akan menerpa. Sepoi semlehoi lah.

Tak hanya bisa dinikmati saat siang hari saja. Ketika malam, Pantai Gelora punya daya tarik lain. Yakni bisa melihat bintang-bintang kecil di pinggiran pantai. Bukan bintang sebenarnya. Tapi bias-bias cahaya yang kemerlipan itu berasal dari kunang-kunang.

Hewan kecil yang oleh warga setempat disebut api-api itu. Beterbangan manja di sekitaran kawasan mangrove. Kalian harus coba sendiri menikmati sensasi melihat kunang-kunang di pantai ini.

Di Pantai Gelora memang tidak banyak gugus terumbu karang seperti di perairan Berau misalnya. Tapi, pantai ini diam-diam ternyata merupakan spot memancing yang ideal. Banyak ikan-ikan pinggiran yang berkeliaran di situ. Yang tentu saja, para penggiat mancing menjadikan Pantai Gelora sebagai spot memancing favorit.

Apalagi ada dermaga panjang itu. Makin enak bukan tempat memancingnya. Apalagi ketika musim ikan gulama. Yang bergerombol menghuni kawasan tersebut, dua kali setahun. Belum lagi di bawah tanaman bakaunya. Yang jadi tempat ideal kepiting bersarang.

Maka tak heran. Banyak orang ke situ hanya untuk berburu kepiting saat akar bakau sedang tidak terendam air laut.

Jadi bisa dibilang, Pantai Gelora bisa mengakomodir banyak kalangan. Untuk muda mudi yang suka selfie, bisa. Untuk penggiat hobi mancing, bisa. Buat pecinta panorama pesisir, sangat bisa. Nah, apalagi yang bikin kamu tidak segera datang ke pantai ini?

*

DIPREOYEKSIKAN JANGKA PANJANG

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: