Mako Lanal Balikpapan segera Naik Status Menjadi Pangkalan Tipe A

Mako Lanal Balikpapan segera Naik Status Menjadi Pangkalan Tipe A

Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (Pelaut) Wahyu Cahyono. (Andrie/diswaykaltim.com)

Balikpapan, Diswaykaltim.com – Sesuai kebutuhan suatu negara, pusat pemerintahan wajib dilindungi oleh baik dari laut, udara dan darat.

Hal ini pun bakal terjadi di ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur pada tahun 2024 mendatang. Dimana pertahanan laut Balikpapan saat ini yang dijaga Lanal Balikpapan. Direncanakan naik status menjadi pangkalan AL tipe A.

Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (Pelaut) Wahyu Cahyono mengatakan, jauh hari sejak diumumkannya Kalimantan menjadi ibu kota negara yang baru. Mako Lanal Balikpapan telah menjadi sorotan untuk berubah statusnya.

“Saya rasa, sejak diumumkan pada 16 Agustus lalu, kita juga menjadi sorotan untuk berubah status,” ujarnya, usai mendampingi tim penilai dari Mabes TNI AL, Senin (2/9/2019).

Namun, Wahyu Cahyono menjelaskan. Untuk perubahan status dari pangkalan tipe B ke tipe A. Saat ini Mako Lanal Balikpapan masih menunggu arahan dari pimpinan TNI AL.

“Nanti kita akan tunggu kebijakan dari pimpinan TNI AL. Tentunya yang pasti sudah ada rencana dari Mabes TNI soal itu,” tegasnya.

Saat menjadi IKN, sudah selayaknya jika Pangkalan TNI AL terpisah dari pelabuhan komersil yang dimiliki Pelindo 4 saat ini. Bahkan Wahyu menyebutkan, selama menumpang di pelabuhan Pelindo 4 KRI harus bergantian dengan kapal penumpang yang akan bersandar.

“Kan kita selama ini menumpang sama Pelindo. Nanti kita harusnya sudah punya sendiri,” ujarnya.

Wahyu berharap, dengan status IKN di Kaltim ini bisa segera merubah Mako Lanal Balikpapan menjadi pangkalan tipe A dan dapat menjaga pusat pemerintahan yang baru pada tahun 2024 mendatang. Selagi saat ini segala persiapannya sedang berlangsung.

“Pangkalan laut di sini bisa jadi besar, itu harapan pastinya,” pungkasnya. (k/bom/eny/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: